Bayi Meninggal Dalam Kandungan

Standard
Kisah ibu diana ini saya kutip dari http://www.pdpersi.co.id

Kisahnya sangat mirip sekali dengan kisah saya, smoga kita selalu diberikan ketabahan dalam segala cobaan yang diberikanNya, amin. Berikut ini kutipannya:

Diana, 15 Jan 2005 00:56:44
Yth, dr Saya ingin bertanya. Sejak dinyatakan positip hamil, saya disarankan untuk memeriksa kandungan sexara rutin setiap sebulan sekali. Menginjak usia kandungan 5 bulan, dokter menyatakan tidak ada kelainan apa-apa pada bayi dan dinyatakan sehat. Tetapi menginjak usia kandungan 6 bulan, dokter menyatakan bahwa bayi saya meninggal dalam kandungan dan harus segera dikeluarkan, karena udah 2 minggu meninggalnya. Saya merasa heran dan terkejut, kenapa bisa seperti ini? (setiap berkunjung ke dokter selalu di USG) Yang ingin saya tanyakan adalah : Kenapa bisa sampai tidak terdeteksi? Penyebabnya apa? Untuk menghindari kejadian seperti itu lagi, tindakan apa saja yang perlu saya lakukan? Dokternya hanya menjawab bahwa kemungkinan bayinya terlalu aktif sehingga tali pusarnya terlilit seperti tambang yang menyebabkan sari makanan tidak masuk. Apakah mungkin bisa terjadi seperti itu? Terima kasih
Jawab:
Ibu Diana Yth, Terima kasih atas konsultasinya. Hal2 seperti yang ibu alami ini, sebetulnya bukan merupakan hal yang aneh atau baru, kejadian seperti ini sering kali dialami oleh para ibu yang sedang mengandung. Penyebab kematian janin yang tiba2 banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Di negara maju sebelum pernikahan biasanya dilakukan premarital skrining terhadap kedua pasangan kelainan apa pada masing2 pasangan yang bakal terjadi bila sang istri hamil kelak. Tapi di negara2 seperti di Indonesia hal tsb masing belum dilakukan secara rutin. Penyebab kematian janin dalam kandungan banyak
dan keseluruah penyebab itu cukup sulit dan memakan biaya besar bila harus diperiksa semuanya. Penyebab tsb antara lain : Kelainan kromosom, infeksi TORCH dll, Diabetes Mellitus, Rhesus iso-imunisasi, insufisiensi plasenta, trauma psikhis atau fisik yang terakhir adalah tidak diketahui. Kematian janin memang tidak harus dikeluarkan buru-buru, tetapi jangan juga lebih dari 2 minggu karena bila diatas 2 minggu maka akan mempengaruhi terhadap faktor2 pembekuan darah si ibu, mengakibatkan darah si ibu agak sulit membeku. Demikian, terima kasih. (dr Ferry SpOG,RSIA EVASARI,Jkt)

About these ads

147 responses »

  1. Kisah ini sama persis seperti yg kualami,usia kandungan 5bln masih dinyatakan sehat menginjak 6bln sdh meninggal krn hidropfetalis,sedih bgt..sekarang sdh hampir 2th sejak kejadian itu aq blm hamil lg.sdh ke dokter smpe tkg urut blm ada hasilnya,mgkn blm rejeki ya.boleh minta saran?

    • saya juga pernah mengalami hal yang sama, saya hamil pd usia 20 minggu dan rutin periksa ke dokter setiap bulan dan dokter menyatakan bayi saya sehat. dan pada usia 17 minggu dokter menyatakan anak saya laki2 dan saya bahagia, namun pada saat saya periksa di bulan ke 20 dokter menyatakan anak saya meninggal dalam kandungan kurang lebih 2 minggu tetapi saya tidak merasakan apa2. saya dan suami saya sangat sedih, tp Tuhan dh berencana, akhirnya senin 12 Desember 2011 saya melahirkan normal dengan bantuan laminaria, injeksi infus dan balon. pada waktu melahirkan dokter menyatakan bahwa tali pusar terlilit -lilit kemungkinan bayi terlalu aktif krn dr test kesehatan saya semua dinyatakan normal. tetapi banyak teman yg berpendapat bahwa penyebabnya krn saya msh naik motor saat hamil dan itu yg membuat saya sedih sampai hari ini. apakah benar salah satu penyebabnya krn naik motor saat hamil? saya jg tdk th krn dokter jg tdk th

      • lingkungan sekitar kerap tidak mendukung dan bahkan cenderung menyalahkan ya bu..
        sebagai orang yang beragama, tawakal saja sama Allah…semoga ini yang terbaik utk ibu dan keluarga.
        saya pun mengalami hal yang sama bahkan diusia kandungan memasuki 29w, sedih dan terpukul…..dan lingkungan yg cenderung menyalahkan malah membuat kondisi kita tidak semakin membaik, hanya krn saya punya Allah hingga saat ini saya masih sadar dan mencoba menatap ke depan.

        sabar ya bu…. *hugz*

    • sabar ya ibu .
      Saya juga gitu .baru aja saya nuju bulan .pas mau imunisasi tgl 1sep .bayi saya uda gada detak jantung nya dan saya langsung disuruh ke dokter kandungan .gtau nya bayi saya sudah meninggal :’(
      mau gmau saya harus ngeluarin anak saya ,
      dan yang lebih mengejutkan lagi ,anak saya meninggal karena kelilit usus ari-ari sampe 3 lilitan :’(
      nyesek banget ibu :’(

    • assalamualaikum puan saya sharul kebetulan saya sedang mengalami masalah tentang isteri saya pada 2012 isteri saya telah disahkan mengandung dalam masa 7bulan 2minggu anak dalam kandungan saya disahkan meningal dunia dan pada hari disahkan meningal dunia doctor dan pihak hospital tak mengeluarkan bayi dalam kandungan selama 13hari bayi yang dah meningal dalam perut isteri saya.soalan saya bahaya tak kepada isteri saya?kemudian saya cepat2 bawa isteri saya ke swasta hospital di bangsar dengan satu hari saje isteri saya selesai mengeluarkan bayi yang telah meningal.saya melihat anak saya dikepalanya lebam,satu kepala lebam.alhamdulilah selesai dikebumikan.dengan izin allah isteri saya disahkan sekali lagi hamil buat kali yang ke 2,7minggu anak dalam kandungan isteri saya pon tak menjadi mengikut kata doctor dalam sarong tak nampak lagi bayi tetapi sarong itu active menbesar dan dengan izin allah sekali lagi isteri saya jatuh darah dan terpaksa cuci.soalan saya pada badan isteri saya bengkak2 mcm kena gigit hantu,sakit kepala yang teramat sanggat.fikirannye selalu negativ.adakah ini semua datang dari masalah yang lalu?doctor swasta penah berkata bahaya jika tak keluarkan bayi yang dah meningal dalam perut takut toksic masok dalam sel darah betul ke?0165334024

  2. :) yang sabar yah mba, tapi jgn lupa berusaha terus yah mba jangan putus asa .. mba kan dah pernah ke Dr yah, kalau saya boleh tau Dr sendiri menganjurkan/menyarankan apa mba?

  3. saya ingin bertanya dok…
    Baru-baru ini saya juga mengalami hal yang sama seperti ibu diana, semoga kita semua diberikan ketabahan, kesabaran dan keikhlasan, tgl 1 maret kemarin setelah pendarahan hebat janin yang sudah berusia 36 minggu (8bulan)dinyatakan sudah tidak bernyawa, sebelumnya tgl 26 Feb saya sudah merasakan gerakan janin agak berkurang dan ada lendir bercampur darah yang saat itu masih sedikit…saya langsung malam itu dengan membawa baju (perlengkapan melahirkan) ke dokter kandungan saya yang menurut saya kemungkinan saya melahirkan atau opname di RS, setelah diusg ternyata plasenta previa totalis, kondisi janin baik-baik saja, jantung bergerak normal itu menurut dokter kandungan dan ternyata saya disuruh pulang dan diberi obat anti kontraksi (piroxicam), dan disuruh langsung kerumah sakit jika pendarahan banyak, dan menurut beliaunya kemungkinan plasenta bisa masih bisa bergeser. tetapi setelah pendarahan banyak pada minggu malam itu mengapa janin saya sudah tidak bernyawa dan setelah dilakukan operasi sesar dikatakan solusi plasenta…mengapa kalau kondisi yang gawat seperti itu tidak dilakukan operasi pada hari kamisnya ya dok. apakah dari hasil USG tidak bisa terbaca, padahal bayi saya ukuran normal seperti bayi pada umumnya, tetapi dokternya bilang kalau pada saat itu masih kurang matang, tetapi apakah dalam kondisi gawat tidak bisa dikeluarkan ? lalu kapan bayi saya tidak bernafas, apakah kondisi pada saat terputusnya plasenta dari janin menyebabkan janin langsung meninggal, saya mohon jawabanya dok…agar nantinya tidak terulang kembali. terima kasih

    • sebelumnya maaf bu, saya bukan seorang dokter :) saya adalah seorang ibu yang mengalami hal yang sama seperti Ibu. Dan semoga ibu-ibu hamil yang mengalami hal yang sama seperti saya dan ibu diberi ketabahan dan keikhlasan, Amin ya Allah.

      Ibu Wiwin, kalau saya boleh kasih saran lebih baik sebelum ibu hamil konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, ceritakan kembali yang ibu alami, bawa berkas2 pengecekan sebelumnya (seperti hasil lab, hasil usg dll). Karena seperti yang saya ketahui dokter akan mempelajari kembali kasus sebelumnya, yang nantinya akan dilakukan pengecekan kembali seperti cek laboratorium untuk virus dll. Saya hanya dapat menyarankan ini, karena langkah seperti ini yang sedang saya lakukan :) semoga bermanfaat buat ibu wiwin.

    • Ibu2 semua saya jg baru mengalaminya hari selasa kemarin tgl 17 des 2013 diusia kahamilan saya 36 minggug dan kasusnya pun sama.saya hanya bisa tabah dan ikhlas saja.mungkin allah punya rencana lain di balik semua ini.tp yg bkn sakit hati saya mendengar omongan para tetangga yg lain2 dan bikin dada nyesek.

  4. Hi Mbak,
    Kejadian ini juga menimpa saya saat ini. Kehamilan saya sudah menginjak 19 minggu. Pada usia 13 minggu, saya memeriksakan kondisi kandungan dengan USG ke dokter. Hasilnya masih normal saja. Akan tetapi begitu saya periksa untuk usia 19 minggu, ternyata bayi saya sudah meninggal. Saya kaget dan tidak percaya karena tidak ada tanda-tanda apa-apa di tubuh saya. DOkter pun mengatakan ada beberapa penyebabnya, yaitu virus, bayi yang terlalu aktif, atau kualitas sel telur/sperma yang kurang sempurna.
    Besok saya akan memulai proses melahirkan bayi saya. Apakah bisa dishare kira2 bagaimana rasanya ya Mbak? Seperti melahirkan normal atau bagaimana?

    • Mba Nenny,

      Maaf yah reply nya telat, pasti sudah melahirkan yah mba dan itu rasanya pasti sakit sama seperti yang saya alami. Dokter saya bilang kalau proses melahirkan janin yang sudah meninggal dalam kandungan pasti rasanya sakitnya 2 kali lipat dari yang melahirkan bayi normal dengan sendirinya (bayi sehat).

      yang sabar yah mba, tetap semangat buat adik bayi lagi :)

  5. saya ikut prihatin buat ibu diana,nasib ibu dina lebih sakit lagi nasib saya, saya sudah 9 bulan lagi berjuang di ruang bersalin sudah menginjak 7 cm saat itu juga rasa mules sakit saya hilang,tiba2 ibu bidan menyatakn bayi yang ada dalam kandungan sudah meninggal dari situ saya langs dibwa ke rumah sakit bersalin ditangin dokter,alhmdulillah saya melahirkan secara normal,ternya bayi nya terlilit ari2,setel;ah saya lihat anak saya keluar begitu cantiknya berat badan 3,2 on begitu sempurna buat saya, mungkin Allah SWT punya rencana lain,saya ikhlas dengan kepergian anakku.anak ku diberi nama KEIZYA RAHMA MAULIDIA lahir tgl 11 maret 2008.sampai sekarang saya belum dikaruniai lagi mungkin juga Allah SWT punya rencana lain juga yang lebih baik.mohon do’anya mudah2n saya bisa hamil lagi,mungkin ibu2 punya masukan buat saya.trms.

    • Dear Ibu Diana..

      Perkenalkan saya Ibu Yayu, saya jg mengalami persis yg ibu alami, tgl 17 Sept 09 kmrn bayi sy meninggal dlm kandungan setelah menginjak 29 mgg, menurut dr bayiku terlalu aktif bergerak jd memilin tali pusat jd asupan makan tdk bisa masuk. Saya sedih sekali, krn ternyata anak saya itu berjenis kelamin perempuan, yg sdh lama sy idam2kan, anakku sy kasih nama Malaika Ramadhani, yg sy harapkan bs menjadi malaikat kecilku selamanya.. Mungkin Alloh punya rencana lain buat saya.., smg kita semua diberi ketabahan & kesabaran..Amin.

      • Dear Ibu Yayu,

        Saya turut berduka cita, betul sekali bu Alloh punya rencana lain untuk kita.
        Tetap semangat bu, smoga cepet dapet momongan lagi sehat dan semua proses lancar, Aminn

    • Dear Diputri,

      Saya turut berduka cita atas meninggalnya sang putri tercinta.
      Alhamdulillah, Ibu bisa ikhlas dan ridho karena memang benar semua itu adalah rencana Alloh SWT. Hanya Ikhlas dan tawakal yang dapat kita lakukan, tentunya tetap ihktiar untuk pengobatan agar kita bisa hamil lagi :)

      terima kasih atas share nya di blog saya ini :)

  6. Ibu2 smua, saya juga baru saja mengalami hal yg sama. Awal januari 2009 saya dinyatakan hamil. Tiap bulan saya pun rajin kontrol. Menginjak bulan ke 5, tepatnya 12 Mei 2009, dini hari saya mengalami pendarahan, seperti orang ngompol gitu. Langsung saya ke RSB. Perut saya yg semalam besar, jadi kelihatan kempes. Tapi diperiksa jantung janin masih bagus. Saya pun opname 3 hari. Selanjutnya pendarahan msh terjadi, spt saat mens gitu rasanya. Saya pun kembali opname 11 hari. Tepat 1 minggu setelah saya pulang dr RSB, saya merasakan kontraksi yang hebat. Mulesnya luar biasa. Akhirnya balik lagi saya ke RSB. Di situ dinyatakan bayi saya sudah meninggal di dalam. Saya pun melahirkan bayi saya di usia kandungan 6 bl secara normal. Bayinya cowo, cakep, panjang lagi… 40 cm lho. Tapi saya ikhlas… Semua kan milik Tuhan. Dan saat ini msh dicari penyebab kematiannya. Kita saling mendoakan ya…. Sesama ibu2 yg pernah mengalami hal yang sama.
    Thanks

    • Dear Mama Rere,

      Terima kasih sudah mau share di blog saya :)

      Semoga Ibu2 yang mengalami hal yang sama dengan saya maupun Ibu2 lainnya, selalu diberikan ke Ikhlasan dan ketabahan, jangan lupa bu tetap semangat untuk hamil lagi karena semua yang kita alami sudah jalan dari Alloh SWT :)

  7. saya ingin bertanya dok;
    pada usia kandungan 5bulan saya dinyatakan oleh dokter kekurangan aia ketuban, dan setelah usia kandungan saya 6bulan dokter mengatakan bahwa anak saya sudah tiada dikarenakan ketuban saya kering. apa penyebabnya padahal saya sudah mengikuti saran dokter untuk banyak minum?

    • Dear Demonsangel,

      Perlu saya informasikan bahwa saya bukan seorang dokter, saya membuat blog ini hanya untuk sharing kejadian yang saya alami mengenai kehamilan :)

      saya coba kutip Faktor penyebab cairan ketubah berkurang:

      1. Proses menelan. Janin bisa menelan cairan ketuban sebanyak 20 ml per jam atau kurang lebih setengah dari jumlah total cairan ketuban per hari. Tetapi, jumlah cairan yang ditelan ini hampir sebanding dengan produksi urin janin.
      2. Ketuban bocor atau pecah.
      3. Menurunnya fungsi plasenta akibat kehamilan yang melebihi waktu.
      4. Kelainan kongenital (janin) yang berhubungan dengan kelainan sistem saluran kemih, seperti; ginjal tidak berkembang secara normal, atau terjadi penyumbatan saluran kemih.

      informasi ini saya kutip dari: http://www.conectique.com/tips_solution/pregnancy/during_pregnancy/article.php?article_id=3543

      semoga dapat membatu :)

  8. saya pun pernah menggalami hal yang sama setiap bulan saya cek ke dokter
    hasilnya janin baik 2 saja tapi waktu menginjak usia kandunggan 12 minggu
    saya flu lalu cek kedokter katanya IUFD tadinya saya heran dg istilah itu
    dokter bilang janin tidak berkembang dan mati dalam rahim
    bagaimana sayatidak sedih mendengar berita itu.
    setelah menjalanu kuretase 6 bulan dari itu saya hamil lagi saya mohon doanya dari
    semua semoga kali ini bisadi beri bayiyang sehat
    dan salam buat ibu2 semua semoga di beri ketabahan amin…..

  9. Aku juga baru ngalamin. Bayiku meninggal dalam kandungan menginjak 21 minggu, proses kelhiran normal dengan induksi dan kuretase sesudahnya tanggal 17 Oktober kemarin. Kata dokter karena kecelakaan tali pusar, karena tes TORCH aku negatif. Aku dah 2 kali kuret, yang pertama kehamilan 6 minggu janin tidak berkembang, yang kedua malah dah 5 bulan lebih dia kena kecelakaan tali pusar.Baca pengalaman diatas buat aku nangis lagi.

    • Dear Arum Endah,

      Jangan sedih lagi yah :) kejadian kecelakaan tali pusar itu mungkin sama dengan yang saya alami pada anak pertama saya.
      Sabar yah bu, smoga cepet dapet momongan lagi dan sehat selalu tetap semangat :)

  10. Subhanallah… sy menemukan jiwa-jiwa yang tabah setelah membaca artikel dan komentar ibu2 di sini. Semoga Allah mengganti dengan yang lebih baik, amin.
    Terima kasih atas sharing pengalaman2nya.

  11. dok….
    saya mau tanya nie…
    saya menemukan ibu yang 3x berturut” mengalami IUFD.to penyebab na pa ya dok????
    knapa bisa demikian terjadi????

    • Bula Imoetz, maaf saya bukanlah seorang dokter .. saya memasukan artikel ini hampir sama dengan kejadian yang saya alami. Untuk lebih jelasnya mungkin bisa ditanyakan langsung dengan dokter yang bersangkutan, karena penyebab bayi saya meninggal dalam kandungan pun masih belum diketahui apa penyebabnya.

      terima kasih atas pertanyaannya :)

  12. belum lama ini saya juga mengalami hal yg sm dgn ibu2 yg lain..tepatny hr rabu tgl 3 februari 2010..saat itu saya merasakan janin saya tidak bergerak..dan langsung saya USG mlm hrnya..ternyata bayi saya sudah meninggal dalam kandungan diminggu ke 39..dgn brt 3 kg..jenis kelamin cowok yg ganteng..dan dilahirkan normal pada tgl 4 feb 2010..hpl 14 feb 2010…

    • Novia, saya turut berduka cita. Hanya Ikhlas dan tawakal yang dapat kita lakukan, tentunya tetap ihktiar untuk pengobatan agar kita bisa hamil lagi :) tetep semangat yahh

  13. kejadian ini juga sy alami blm lm ini dan sgt skt menerima psemua ini..tepatny hr rb tgl 3 feb..diumur 39 minggu bayiku sudah meninggal dalam kandungan..dan dokter tdk tahu penyebabny apa…dan anakku diberi nama NOVI ARIYANTO..dgn jns kelamin laki2.. cakep..dgn brt bdn 3 kg..smg tabah dan ikhlas dgn semua ini

  14. dear ircintana…
    tgl 1 maret 2010 kmr aku br kehilangan babyku di umur 33minggu dlm kandungan krn ada ACA. Anakku yg ke2 dgn jenis kelamin cewek (yg pertama cowok umur 5th),sedih deh rasanya…krn br ketauan ACA di umur kandungan 26minggu….

    • Dany: Biasanya dokter kandungan akan meminta kita untuk cek darah salah satunya cek ACA saat kita mau program kehamilan, maupun sudah hamil. Yang sabar yah bu :)

  15. kejadian itu saya alami pada oktober 2005,bayi sy meninggal saat kandungan 37minggu. malamnya sy habis usg dan besok siangnya sdh tdk bergerak. dokter mengatakan bayi saya meninggal krn tali pusar bayi sy memilin hingga suplay mknan dan oksigen terhenti. butuh waktu seminggu utk mengeluarkannya..ketika keluar beratnya 3.2kg!!tp alhamdulillah 2thn kemudian sy dapat bayi laki2 yg sehat. dan skrng sy sedang hamil lg kadang trauma itu masih ada meski sdh 5thn yg lalu..

  16. Saya dah 4 kali mengalami hal yg sama,yaitu bayi meninggal didalam.Umur 3 bln, 4 bln, 4 bln dan trakhir sekitar 1 thn yg lalu usia 5 bln.Sy sdh periksa darah,lain dokter lain pndapat, ada yg blg Torbh, tp kt Dr specialis Torch bukan. Sampe skrg sy bingung,dan sy tdk berani hamil kmbali. Apakh ada yg tahu Dr mana yg bgs?Sy brdomisili di medan.Tx

    • Juliana: Mohon maaf saya tidak tau untuk Dr kandungan yang bagus di Medan. Saran saya, periksa/test darah sebelum hamil terlebih dahulu itu akan lebih baik. Atau lebih jelasnya lagi konsultasi terlebih dahulu kepada Dr Spesialis Kandungan sebelum Ibu hamil. Smoga kemudian hari Ibu tidak mengalaminya lagi, Amin. Tetap semangat bu ;)

  17. sy jg pernah mengalaminya pd tahun 2005,saat kandungan umur 38minggu bayi sy meninggal dlm kandungan krn tali ari2nya milin hingga suplay mknan dan oksigen terhenti. pahl bayinya terlahir sempurna dgn berat 3,2kg!sedih sih tp mgkn alloh pny kehendak lain. 2thn kemudian sy hamil lg dan melahurkan bayi yg sehat dgn berat 4,3kg. skrng sy sedang hamil lg,kejadian 5thn lalu blm bisa saya lupakan,trauma itu msh tetap ada..

  18. sy jg 4 bln yg lalu mengalami hal yg sama. Bayi saya meninggal saat kandungan berusia 9 bln 4 hari. Tgl 6 des 2009, saya ceck up masih ada detak jantungnya. Kemudian tgl 10 des’ 2009 saat akan melahirkan detak jantungnya sudah tidak ada lagi. Dengan tegar saya berusaha melahirkannya dengan normal. Bayi saya perempuan, cantik dan putih bersih, saya beri nama Siti Rahma. Sampai sekarang saya blm tahu penyebab mengapa bayi saya meninggal. Banyak yg bilang karena kekeringan, karena tubuh dan bibir bayi saya sudah membiru dan air ketubannya sudah keruh. Setelah melahirkan saya periksa laboratorium dan USG. Karena saya ada keluhan sakit di daerah rahim dan sekitarnya. Hasilnya saya menderita radang berat dan dijumpai ada kista 3 cm. Selama bln April ini saya masih menjalani pengobatan dengan dokter spesialis kandungan. Alhamdulilah USG tgl 19 april kemarin sy positif hamil. Itu merupakan kabar gembira buat saya, tp sekaligus rasa kuatir takut terulang lg, disamping kondisi saya yg masih merasa sakit didaerah perut tsb. Tapi dokter saya terus memberi semangat agar menghilangkan
    rasa takut itu. Mohon do’anya ya ibu2, smoga kehamilan saya kali ini sehat dan lahir dengan selamat. Karena saya sangat mendambakan buah hati. Saya sudah mengalami kegagalan 2 kali…

  19. mau tanya dok..teman saya melahirkan dan bayinya meninggal dalam kandungan.tapi yang jadi pertanyaan,kenapa bayinya melepuh kaya kena air panas?.padahal bisa lahir dengan normal.terima kasih atas jawabanya.

    • sebelumnya mohon maaf, saya bukan seorang dokter :) tapi kejadian yang dialami oleh teman anda, sama dengan kejadian yang saya alami. kedua bayi saya meninggal dalam kandungan dengan kondisi melepuh saat dilahirkan. Untuk anak yang pertama itu proses dari pertama kali terditeksi meninggal sampai Alm lahir itu kurang lebih 3 minggu, mungkin karena terlalu lama dalam kandungan, dan usia yang masih terlalu dini yaitu 6 bulan bisa juga menjadi penyebab bayi seperti melepuh. Hanya cerita saya yang bisa saya bagi dengan anda.

      terimakasih telah mengunjungi blog saya :) smoga cerita saya bisa membantu.

  20. Sy jg pernah mengalami seperti kalian..anak pertama sy hanya mampu bertahan hidup sampai usia 6bln sj,krn bayi sy terkena virus CMV.9bln kemudian sy positif hamil lagi,sy jaga betul kandungan sy agar selalu sehat,setiap bln selalu sy kontrol kedokter kandungan.Berat badan sy naik sampai 30kg.Masuk usia kandungan 8bln 1minggu sy mengalami diare hebat,sy langsung bawa ke Rs.Hari Pertama diopname gerak bayi sy msh aktif dan lincah,hari kedua sy merasakan gerakannya tdk lg aktif seperti biasanya,hari ketiga hasil USG menyatakan bayi sy sdh lemah,dokter blg hrs segera dioperasi,tp sayang terlambat krn hasil USG selanjutnya bayi sy sdh meninggal.Hancur betul hati sy dan suami karena dua kali harus mengalami hal yg sama.Tp Insya Allah kami tetap sadar rencanaNya akan indah untuk kami kedepannya….

    • saya juga mengaami ha yang sama pada anak saya ke dua…………. itu terjadi ketika kandungan saya usia 6 bulan, padaha tiap buaan saya sealau periksa dan hasilnya normal……………. setelah saya ahirkan anak saya dalam keadaan meninggala saya meminta maaf krn tidak bisa meahirkannya kedunia dengan seamat aau saya beri nama dia RIZKI SIHOMBING. semoga anak saya membawa rizki dan semoga TUHAN KASIH LAGI ANAK BUAT SAYA DAN SELAMAT SAYA AHIRKAN DALAM KEADAAN NORMAL. AMIN………………..

  21. Tak terasa air mata saya mengalir membaca sharing yg ada di blog ini. Saat ini saya sedang hamil – 39 minggu 2 hari (anak ke2). Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan keselamatan untuk kita semua. Amin Ya Robal Alamin.

  22. Saya jg pernh mengalami sPrti ibu2 yg d atas.. Byi sy mNINGgal dlm kandungan d usia 8bln.. Karena pREekLAMSIA.. Pd mlm hrnya sy d usg, kta doktr byinya sehat2 sj.. Kmudian bsk pagInya byi sy sdh tdk brgRk lg.. Byi sy laki2.. Sy petik hIKMAH Dr kejadian ini.. Mgkn Allah pnya rencAna lain..

  23. Bagi ibu-ibu yang mengalami kesedihan, kita punya rencana tapi tuhan yang menentukan, saya juga mengalami hal yang sama 1 bulan yg lalu tgl. 25 April 2010, dengan alasan dokter bahwa pusat bayi terpuntir yg menyebabkan terputusnya saluran makanan dan oksigen, padahal umur bayi masuk awal 8 bulan, peri kecilku bernama SHAHIFAH AZKA, kita hrs sabar ya bu…

  24. Saya jg pernah mengalami sPt ibu2 yg d atas.. Janin sy meningGal.. Wkt kehamilan sy mengINJAK 8bln.. Ankq Cowok.. CAKEP LG.. PenyebAbnya krn preEKlamsia.. Tekanan darah sy slalu tinggi.. Dan bB Sy naik smp 25Kg.. Pada saAT ItU sy seDiH bgt.. Siang mlm nangIS.. Tp alhamdulliah selang 1 bln sy hamil lg.. Selama hamil 9BLN sy menjaga kandunganQ.. Dan puji syukur.. Ank KE 2 sy lhr.. Cewek..

  25. spertinya ahli kandungan kurang sigap dalam menangani kehamilan yang berpotensi kematian janin?…saya lihat disini rata2 bukan keguguran,tetapi kematian pada janin mulai umur 4bulan-8bulan….sudah jelas janin bisa hidup sampai umur segitu adalah janin yang sehat….saya ga tega liat mbak saya ini kehamilan pertama hasil USG terdeteksi kembar janinnya,hamil sehat gak ada masalah udah 5 bulan,kemaren malam tiba2 saya di tlp suruh ke klinik kandungan,ternyata saat di priksa kandungan gak tau kenapa pecah ktubanya,dirujuk ke rumkit saya antar mbk saya kerumkit ngebutt naek mobil belingsatan nyalain lampu darurat klakson saya pencet keras2 biar pada minggir,,sampe rumkit dilahirkan janin kembar itu tapi dah meninggal dunia……….calon ponakanku laki2 yg kembar yg lucu yg selama ini aq bayangin yg nantinya bakal aq gendong2 aq ajak maen,tp knp meninggal kamu dek…maafin om ya g bisa tolong kamu…..T_Tsemoga kamu bahagia di surga ya…jgn nakal ya disana….Sampai jumpa lg ya dhe. untuk mbak ku ma suaminya yang sabar aja,ALLAH SWT punya rencana yang lebih mulia sama kalian berdua…si jagoan kembar dikasih tempat yang lebih indaH dan nyaman disurga……….

    • hi, saya sebulan lalu kehilangan bayi kembar laki2 di usia kehamilan 6 bulan.kejadiannya seperti kakak anda,tiba2 air ketuban saya pecah.saya ingin share dengan pasangan yg memiliki pengalaman yg sama.bolehkah saya mendapatkan alamat email atau nomor telepon kakak anda?terima kasih sebelumnya

  26. senang rasanya menemukan blog ini…saya jd merasa bahwa bukan hanya saya yg mengalami kehilangan bayi sebelum dilahirkan…saya kehilangan malaikat kecilku pada 21 april 2010…anak kedua kami yg meninggal dalam kandungan karena penyempitan tali plasenta…kami memberinya nama HEAVENLY ANGEL SITUMORANG….karena dia adalah malaikat dari surga yg telah kembali lagi ke surga…Papa,Mama dan abang Gava sayang sekali sama Angel…

  27. anak pertama saya terdiagnosis hidrop fetalis saat kehamilan 31 minggu, lalu saya melakukan cordosintesis utk mengetahui peyebabnya ternyata semua normal sampai ke kromosomnya jg, pada tanggal 7 des’09 laki-laki dgn pjg 42cm dan berat2,9kg bernama ASY-SYAHID ROKAN FATIH AL-GHAZI saya melahirkan saecar krn ketuban pecah, anak saya hanya bertahan selama 2jam saat diberitahu oleh suami rasanya tidak percaya,dan saya tidak sempat melihatnya, ternyata ujian dari AR-RAHMAN pd kami belum selesai 3 bulan setelah itu saya hamil lagi, kemarin tanggal 5 agustus saya di kuret karena janin telah meninggal. Saya berpikir apakah msh brani utk hamil lg?tolong doakan kami smg Allah memberikan kasih dan sayang pada kami, intuk ibu-ibu yang mengalami hal serupa trimakasihtelah berbagi cerita ternyata saya tidak sendiri

    • ..saya mengalami keguguran 4x…kehamilan pertama 6ming,kehamilan ke 2 berjalan 18ming janin saya meninggal didlm kandungan dan didiagnosis hydrop , kehamilan ke 3 bayi saya meninggal di dalam kandungan saat usia kandungan 36mingg ,lahir dengan berat badan 2,9kg panjang 49cm bernama BRANDON MONTHGOMERY dan yg ke 4 terjadi 2 bulan lalu saya melahirkan secara cesar pada minggu ke 35 karena detak jantung bayi melemah,akhirnya bayi saya lahir namun hanya bertahan 13 jam…bernama MICHAEL KEATON dng berat 2,5kg panjang 37cm
      ke 3 bayi saya berkelamin laki2.
      kami sudah melakukan segala pemeriksaan bahkan sampai keluar negri,namun tdk di temukan kelainan apa2…
      sampai sekarang Dr juga tidak dapat memberi alasan yg tepat kenapa bisa terjadi seperti itu…
      mohon bantuan dan info nya…terima kasih bagi ibu2 yg sudah berbagi dan saling menguatkan…Tuhan Memberkati…

  28. saya jg baru mengalaminya….tgl 26 agustus 2010 kemarin bayiku meninggal…bayiku bertahan hidup cuma 1,5 hari karena keracunan air ketuban yang sudah hijau dan bayiku kekurangan oksigen.
    saya sangat merasa bersalah sekali….karena usia kehamilanku sudah melebihi perkiraan yaitu 9 lebih 10 hari…pada waktu 9 bulan saya periksa ke dokter tetapi saya belum merasakan tanda2 melahirkan,dokter bilang tunggu seminggu lagi kalo tidak ada mules berarti harus diinduksi dan ternyata tanggal 23 agustus pun saya tidak merasakan mules kemudian saya periksa kedokter lg untuk mengecek kondisi bayiku…dan dokter bilang harus cepat2 dikeluarkan karena air ketuban sudah keruh…esok harinya saya kerumahsakit untuk diinduksi tetapi dokter menyarankan untuk dirangsang normal dulu dan malamnya langsung mules dan paginya saya melahirkan bayi perempuan yg cantik berat 3 kg panjang 50 cm….tapi bayiku hanya bertahan 1,5 hari saja…ya allah begitu berat cobaan ini…sangat sulit untuk melupakannya….wajah bayiku yg cantik selalu terngiang2…yang menjadi merasa bersalah kenapa waktu dokter menyatakan harus keluar bayinya gak langsung disesar aja?dan kenapa dokter malah menyarankan dirangsang normal gak langsung sesar?kapan bayiku keracunan ketuban?karena pas mau melahirkanpun dicek dulu detak jantungnya masih baik2 saja….ya allah kenapa ya?apa ini sudah takdir?saya kangen sama bayiku…selama 9 bulan dia bersamaku…selalu kuajak ngobrol…suamiku jg sedih sekali karena dia ingin sekali cpt punya baby….teman2 tolong kasih aku semangat….

    • bersabar ya yulia..sebab saya pun faham perasan puan.saya pun pernah mgalaminya..pda 14 oktecber 2010.bayi saya telah disah kan meninggal dlm kandungan pada usia 9 bln 12 hri.2 hri lg due utk saya bsalin.dah lah bayi boy dgn berat 3.65 kg.saya pun sama mcm puan seperti dunia ni dah tak bmakna lg utk saya menerus kan khidupan,tapi sokongan keluarga dan kwn byk mbantu saya mbuat saya mjadi tabah..semoga ulia tabah dgn ujian tuhan..

  29. saya pun ade nasib mcm 2 jgk..mase kandungan saya 6 bulan bayi saya meninggal dalam perut…patut la saya mcm lain sgt time 2 knp bayi sy xde gerak2 da bpe hari..hubby bawak sy g jmpe dokter..dan dokter sah kan memang bayi saya da meninggal dalam perut…sedih sgt2…tapi tuhan lagi sayangkan bayi saya…bayi saya 2 bayi girl…sebabkan die da meninggal kami bg nama fatimah binti helmi…tp skrg alhamdulilah skrg sy da anak lg..umur da 6 bulan…sy bg name die wahidah yasmin binti helmi…..die la penyeri hidup kami satu keluarga…

  30. yang sabar ya buk, saya juga Desember tahun lalu juga mengalami hal yg sama. Byi saya dikandungan udah erumur 9 bln 7 hari. Tgl 6 saya ceck up ayi saya msh aik2 saja, detak jantungnya pun masih bagus. Tgl10 saya sudah skit2 dan pas mau mlahirkan diperiksa dtak jantungnya sudah tdk ada. Hancur bgt rasanya hti saya, tapi saya brusaha tegar dan berusaha mlahirkan secara normal. Alhamdulilah saya lahirkan jg scra normal. Bayi saya perempuan, putih dan cantik, namanya siti rahma. Sekarang saya menyibukkan diri agar tdk selalu kpikiran trus. Saya dan suami sangat sedih, karena kmi telah 2x gagal memiliki momongan. Saat ini kmi hrus menunggu bbrp tahun lagi untuk program hmil lg….karena saya baru menjalani operasi pengangkatan kista… kita sama2 berdo’a aja agar diberi lagi sama Allah SWT. Amin…

  31. mudah2an allah swt punya rencana lain yg indah untuk kami……..mudah2an allah berkenan menitipkan anak kembali untk kami yg sehat,selamat,sempurna,normal dan panjang umur amin amin yra….kalau ingat bayiku aku selalu baca ayat alquran bahwa ‘sesuatu yg bernyawa tidak akan mati melainkan izin allah…’ ‘tiap2 umat beragama mempunyai ajal. apabila telah datang ajal mereka maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak pula mendahulukannya’ dan aku yakin semuanya adalah takdir dari allah swt dan merupakan ujian untuk kami agar kami bersabar dan ikhlas dalam menerima ujian ini….karena walaupun dokter menyarankan operasi sesar, atau saya melahirkan di rumahsakit yg bagus dan mahalpun kalau bayiku harus meninggal pd tanggal 26 maka meninggallah…allah yang mengatur semua ini…..ya allah kuatkan hamba-Mu ini….semoga aku selalu ikhlas….dan sabar amin….’apabila kita ikhlas dan sabar menerima ujian ini maka allah akan menggantinya dengan yg lebih baik’ amin…. ‘apabila anak yg belum baligh/masih fitrah meninggal maka akan masuk syurga…dan akan menjadi penolong untuk ibu bapaknya amin….
    anakku khanza rofilia alzena yang cantik…..mama kangen sekali…..doakan mama dan papa ya agar selalu berada di jalan allah swt agar nanti kita ketemu di syurganya allah amin amin amin…..
    anakku sekarang pasti lagi main sama malaikat2 di syurga…….amin……

  32. bercampur rasa saat aku membaca ini semua, rasa sedikit tenang karena ternyata tidak hanya aku yang mengalami kejadian seperti ini.. bulan september tahun 2009 lalu aku dinyatakan keguguran oleh dsog ku tp alhamdulillah 3 bulan kemudian tepatnya bulan januari 2010 aq dinyatakan hamil kembali, aq sampai berhenti kerja demi kandunganku, aq selalu periksakan rutin kandunganku ke dsog dan selalu usg, kehamilanku baik2 saja sampai usia 35 minggu, aq telah menyiapkan segalanya perlengkapan baby ku karena tidak lama lagi aq akan bertemu dengan putra pertamaku, tgl 16 sept 2010 aq pergi ke rs untuk kontrol mingguan, saat di cek tensi dan denyut jantung dokter menyatakan denyut jantung baby sangat lemah dan harus segera dikeluarkan lewat operasi saat itu juga, saya sangat shock karena semuanya mendadak tapi saya pasrah, yang penting bayi saya bisa lahir dengan selamat, akhirnya putra pertama ku lahir hari itu juga ja 10 pagi lewat operasi cesar dan langsung di inkubator karena jantungnya lemah sekali..hari ke 3 tepatnya tgl 19 sept 2010 jam 2 siang dokter menyatakan bagian jantung dede tdk ada 1 dan itu disebabkan karena pembentukan organ2 tubuh di 3 bulan pertama kehamilan, kenapa bisa aku bilang karena aku selalu periksa rutin dan usg, jantung selalu dalam keadaan bagus, aku shock mendengar pernyataan dokter, aku mendatangi bayiku di inkubatornya, aku yakin dia anak yang kuat dan sehat, aq bermain dengannya, geraknya sangat lincah, gendut, kulitnya putih bersih dan kencang, parasnya ganteng, dan rambutnya hitam lebat semua perpaduan aku dan suamiku, saat itu aku sangat yakin anakku pasti bisa sembuh tapi allah berkehendak lain, tepat adzan magrib berkumandang bayiku tiba2 drop dan jantungnya berhenti berdetak…sampe saat ini aku masih berharap semua ini hanya mimpi, tapi ini adalah takdir, hikmah yang dapat kupetik adalah allah sangat sayang sama dede hingga allah memberikan dede tempat paling indah di surganya allah sekarang….Nathan Alrizky Putraedina…..doain bunda sama yanda kuat dan selalu dilindungi allah ya nak……amin…..ibu2 semoga kita diberi ganti yang jauh lebih baik ya….tapi masih ada satu pertanyaan mengganjal di hati saya mengapa tiba2 bayi saya mengalami kelainan jantung, apa itu tidak terdeteksi di usg???

    • dear mba dina,

      apa yang anak ibu alami sama dengan apa yang anak saya alami,. hanya bedanya jantung bocor pada anak saya sudah terditeksi sejak usia 5 bulan dalam kandungan melalui usg. Tapi pada saat itu Dr saya perlu lebih jelas lagi memastikan apakah benar ini jantung bocor, akhirnya saya dirujuk ke rscm di usg ulang sampai 1 jam. Dan ternyata benar itu adalah jantung bocor. Menurut Dr rscm, ternyata Dr kandungan saya itu hebat karena bisa mendikteksi jantung bocor janin, jadi mba dina, ternyata tidak semua Dr bisa melihat/menditeksi jantung bocor pada janin, sepertinya dibutuhkan ketelitian yang cukup tajam untuk menditeksi kondisi jantung janin pada saat dalam kadungan. Tapii mba semua itu pasti atas kehendak Yang Maha Kuasa, kita ikhlaskan saja .. anak2 kita sudah menunggu di Surga sana :)

  33. salam, saya juga mengalami hal yang sama dengan ibu2 disini.bayi saya sudah 7bulan meninggal dalam kandungan beberapa hari lepas…tapi kini bayi masih dalam perut…belum bisa keluar..masih tiada jalan , dan contraction sangat perlahan..kini saya sedang menunggu hari untuk bersalin secara normal…ibu2 disini punya tips bagaimana cara untuk memudahkan proses bersalin ?

  34. dear bunda2 yang diatas salam kenal yah smua, aq salut dan sedih membaca kisah bunda2 yg mengalami janin meniggal didalam kandungan,kisah bunda2 diatas sama dengan kisah aq 7 bulan yg lalu tepatnya akhir maret 2010.Sampai saat ini aq belum hamil lagi karna aq harus periksa TORCH dan besok aq baru mo ambil hasilnya mudah2an hasilnya tidak kenapa2 mohon doanya yah bunda2, semoga aq jg sama seperti kalian yg bangkit dan sekarang sudah punya buah hati lagi dan Mudah2an Allah mendengar doa kami bunda yang pernah gagal.
    Amin,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  35. ass,sy jg mo bagi2 crita,tepat ya tgl 28 oktber 2010 kmrn sy mengalami janin meninggal dalam kandungan,sy mengandung ank kembar..dr awal sy memang slalu khwtr dngan kandungan saya mngkn krna kembar…rasa y bahagia luar biasa tp jg khwtr tak terkira,ni kehamilan ke2.dr awal usg bayi sy sudah susah terdekteksi detak jantung y,sm akhir y usia janin menginjak 4bln bayi sy di nyatakkan sudah tak bernyawa..sedih tak terkira kna sy mengingikn ank kembar…esok hr y sy pergi ke RS dsna sy dpsang alat dvagina sy kata dokre biar rahim y terbuka,slama 24jam dpsangkn alat itu,esok hari y dlakukan persalinan ”buatan” bayi kembar ku keluar tp yang menyedihkan salah satu bayikuy sudah hancur tak berbentuk lagi…setalah dkeluarkan sy dikuret rasa y skt luar biasa..tdk sampai dstu,lalu sy mengalami pendarahan hebat.,dokter menyarankan unk di kuret kembali barangkali blm bersih…subhannalah kuret pertama luarbiasa sakit y itupun dbius,kuret ke dua lebih sakit karna sy tdk dbius….lengkap sudah sy pasrah serahkan semua pd alloh..sedih tak terkira sudah kehilangan bayi kembarku,..merasakan sakit y kuret hngga2kali…bayi kembarku hancur ..tak tega melihatny,awal y sy ingin dlakukan selayak y jenaah.dmandikan,disholatkan,tapi aaloh maha tau…jd bayiku lngsung dkubur satu liang berdua dalam kendilll….itulah pengalaman hidupku smga alloh senantiasa menguatkan sy n kluarga…amien..slm kenal unk smua…..

  36. Assalamualaikum, ibu2 semua. saya adalah seorang ibu yang juga mengalami kehilangan buah hati saya. Saat itu 3 Oktober 2010 niatnya cuma mau periksa keadaan janin yang saya kandung sdh usia 19 minggu. Tapi saya sangat terkejut saat dokter menyatakan bahwa janin yang saya kandung telah meninggal. Saya cuma bisa pasrah dan mengikhlaskan kehilangan anak kedua yang memang sudah saya tunggu2. hati saya pun serasa makin sedih tatkala saya ketahui bahwa janin tersebut berjenis kelamin laki-laki seperti yang saya ingin kan. Tapi saya hanya bisa pasrah dan semoga Allah segera memberikan kepercayaan saya untuk hamil lagi. Ayo kita bangkit lagi dan terus berusaha dan moga Allah menjawab do’a2 kita. Amin…….

  37. saya baca kisah ibu2 di atas sampe menitikkan air mata… teringat kejadian yg aku alami 1 thn yg lalu tepat nya 29 mei 2009. aku kehilangan bayi laki2 ku di usia 4 bulan dlm kandungan, hancurr sekali hati saya setelah dokter menyatakan klo jantung bayi ku sudah tdk berdetak lg, dan hrs segera di kluarkan… selamat jln sayang semoga kau bahagia di syurga sana.. tapi alhamdulilah 3 bulan kmudian aku hamil lg & alhamdulilah terlahir dgn selamat, sekarang anak ke dua ku sudah berumur 5 bulan dia laki2 pintar, lucu, cakep.. terima kasih ya allah kau telah berikan aku anugerah yg terindah, harta yg paling berharga didunia ini…………..

  38. selama ini saya selalu berusaha untuk dapat melanjutkan hidup setelah meninggalnya putra pertama saya di dalam kandungan yang berumur 9bln satu tahun yang lalu. saya ingin membuat diri saya tidak terlalu memikirkan tentang kehamilan, karena orang orang terdekat saya bilang stress malah akan menghambat kehamilan.mungkin memang benar, saya selalu berharap untuk bisa hamil lagi karena perasaan saya begitu terluka dan dengan hadirnya anak lagi dapat mengobati luka itu. Andaikan ada yang bisa saya lakukan untuk dapat menghilangkan perasaan itu. atau apakah itu alamiah…saya sudah berusaha tapi kadang perasaan itu selalu muncul, knp sulit sekali untuk hamil lagi. saya ingin sekali mencurahkan perasaan saya ini dengan sesama para bunda yang mengalami hal yang sama dengan saya dan setidaknya menghilangkan perasaan tertekan karena ingin segera hamil lagi. Biarkan semuanya menjadi sebuah kenangan dan pengalaman yang semoga tidak akan terulang lagi, mungkin semua sudah menjadi takdir, krn Allah SWT lebih mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Mudah mudahan kita semua diberikan kesabaran dan ketabahan. amin…..

  39. saya pun pernah mengalami hal yang sama tepatnya satu tahun yang lalu saya kehilangan bayi pertama saya dalam kandungan yang berumur 9 bln lebih, bayi nya laki laki meninggalkarena terlilit tali plasenta, saya sedih sekali hingga hari ini saya blm hamil lagi, terkadang saya selalu bermimpi didatangi anak kecil atau menggendong bayi, membuat saya selalu terbayang lagi wajah bayi saya. mudah mudahan saya dan juga semua bunda yang pernah mengalaminya selalu diberi kekuatan serta kesabaran dalam menanti dan mendapatkan buah hatinya lagi. amin

  40. dear bunda yg mengalami kejadian ini,
    aq dede, aq juga mengalami hal yg sama dengan bunda semua,,tanggal 3maret2010 anak sy meninggal dalam kandungan sy, dia meninggal di usia 30minggu, dia meninggal dlm kandungan sy pada saat 2minggu setelah sy merayakan 7bulanannya,,pd saat sy datang untuk periksa ( jadwal periksa ), ternyata bayi sy sudah tidak berdetak, dan dinyatakan meninggal,,sedihhhh g kebayang ap yg harus sy lakukan pd saat itu,,tinggal sebentar lg sy melahirkan ternyata dia dipanggil terlebih dahulu,,sy melahirkan secara cesar, sy tidak dpt melahirkan secara normal,,yang sy mau tanyakan kenapa bisa seperti itu,,kt dokternya air ketubannya sudah kering, tp sy tidak merasakan sama sekali ad air yg keluar dr vagina sy,,mohon bantuan untuk jawabannya

  41. Asw..
    Ibu2.. Saat ini sy mrasa sedih, krn td siang dr spog sy menytkn klo janin sy sdh meninggal diusia 6bl lbh.pdhl sy jg rutin kontrol, cm bbrp hr trakhr sy mrasa janin jrng gerak, mkny aq putuskn td siang utk periksa. Dan, y Allah janinq ud mninggal, Skrg sy msh dlm proses induksi, mndengar tangis bayi dikmr sblh mmbuat sy smkn khilangan. Bnr2 kt ibu2, qt py renc tp trnyt Allah berkehendak laen, n aq yakin pasti rencana Allah adl yg terindah. Allah tlh mmberikn tmpt yg terindah utk malaikat kclq..
    Alhmdlh, msh ad pangeran kclq 2th yg dpt mmbrkn support bwtq.
    Mhn doany.. Smg qt swua dberi kmudahan dlm sgl urusan. Amien..

  42. OPIE, Subhanallah saya JG sngt sedih ats apa yg bunda2 alami smga kita slalu di beri ketabhan oleh allah yg maha kuasa
    dan dgn mmbaca blog ini saya mnjadi lbh semangat krna saya pun tdk sndri
    krna pda TGL 14 DESEMBER 2010, SAYA jga mengalami kejaadian seprti bunda2 yg lain
    saya hrus melahirkn,ttpi dg keadaan bayi yg sudh mninggal dlm kandungan pdhl usia kndungan saya sdh 6 bln, bayi’y perempuan cantik,putiih,pokok’y sudh sempurna organ2 tubuh’y….
    saya & papa nya beri nama peri kecil kami RAISYA ZAHRA OLIVIA
    ttpi apa bleh buat allah brkata lain & BELUM RIZKI’Y….
    Dan skrg saya & suami sdng brusaha mncari penyebab kematian peri kecil kami, semalam tgl 24 januari 2011 saya sdh mlakukn pemeriksaan & konsultasi dgn dr kandungan,, dan dokter mnyarankn kpda saya untuk tes darah…
    mdh2n stlh saya mlkukn tes trsebut tdk trjdi apa2 dg saya (amieeeeeeen…..)
    dg pnuh semangat & tawakal kami pun tdk akn brhenti untk berusaha……..

  43. saya juga antara ibu2 yang mengalami bayi meninggal dalam kendungan. bayi saya adalah anak kedua,dan meninggal ketika usia kandungan 7 bulan. malah,tuk mengeluarkan baby secara normal,saya hadapi komplikasi..dan atas2 sebab2 tertentu,dan nasihat doctor,saya masih bersabar untuk cuba tunggu untuk lahirkan normal berbanding pembedaham. dan saya mengendong bayi tanpa nyawa ini selama hampir2 dua minggu.

    pengalaman saya di sini tuk membantu :
    http://ashra-aulia.blogspot.com/search/label/Pregnancy

  44. saat ini kehamilanku menginjak usia 8 minggu, ( hpmt : 16 des 2010 )
    dan aku belum memeriksakan kandunganku karena rasa kekhawatiranku yang teramat dalam,
    pada usia kandunganku 3 minggu 5 hari (4 jan 2011), aku mengalami komplikasi gigi graham bungsu belakang yang patah, dan aku memeriksakan dan dokter langsung mengadakan operasi untuk mencabutnya.
    saat itu dokter meminta tanda tanganku bahwa ak akan merasakan ketidak nyamanan setelah opersi dan akpun setuju,
    alhamdulillah semua berjalan lancar dan dokter memberikan obat bius, anti biotik dan penghilang rasa nyeri dan harus chek setelah satu minggu (12 jan 2011), sedangkan tanggal 12 jan 2011 adalah mensku selanjutnya (apabila tidak prignant).
    tetapi ak prignant dan saat chek saya tanyakan kepada dokter ” why you never give me question “do you prignant?”
    dan dokter gigi jawab ” sebab kadang perempuan marah dan jawab apakah saya kelihatan menikah?
    funny terkadang, hal penting mereka tidak fikir dan ak tanya apakah obat itu aman dia jawab tidak tahu,,,,,,,,,,,,
    nanti sore ak mau memeriksakan kandunganku, ku coba kuatkan diri atas kekwhatiranku setelah baca blok ini tolong doanya ya!!!!!
    dan yang di sayangkan mereka yang melakukan ini adalah rumah sakit khusus gigi ternama very big and very best
    dan satu hal lagi saat itu ak tanya apakah tdk ada fho x ray dan ak minta di x ray dahulu mereka kata iya, tetapi mereka tidak melakukannya.
    dunia…………….memang miisteri

  45. semoga allah swt mengganti anak-anak kita dalam keadaan yang sehat dan panjang umur sebagai teman kita di dunia amin…
    bu,aku juga mengalami hal yang sama baru 3minggu yang lalu putri pertama ku yang cantik meninggal dalam kandunganku 9 bulan syukur alhamdulillah aku melahirkan normal 1/2 hari aku menahan sakit dengan perjuangan nyawa jd taruhannya waktu itu setelah melihat keadaanku yang kritis banyak yang mengira bahwa aku akan ikut menyusul putrikunjhhbh,alhamdullilah aku bersyukur karena aku masih hidup masih diberi kesempatan untuk hidup kembali supaya bisa bertobat dan diberi kesempatan untuk mengurus suami dan hamil lagi,amin… aku pasrahkan semua kepada allah swt kt bisa berencana allahlah yang menentukan takdirnya mudah2han allah mengganti anak kita untuk di dunia amin…sekarang aku masih dalam keaadaan masa nipas doain ya teman… ya.. semoga setelah masa nifas selsai aku bisa hamil lagi.

    • Apa yg kita rasain sm bun… Sy baru kehilangan bebi di usia 34minggu 3minggu lalu, bayi dinyatakan tdk bernyawa 3hari yg lalu.. Anak yg sy tunggu2 selama 2,5thn pergi bgitu saja.. Bayi laki-laki yg tampan ddan besar tinggi wajahnya persis spt sy… Dlm keadaan tubuh yg sdh lemas krn semalaman menahan kotraksi sy menyerah walau dokter menyarankan untk dilahirkan normal, tp sy tdk kuat. Bayi saya bernama TARA YOSHI SIMBOLON bayi pertama dan cucu pertama dr kdua belah pihak.. Dia mninggal akibat tali pusat yg melilit sehingga menyebabkan tdk msknya asupan makanan dan oksigen.. Untuk tara yoshi mommy.. Miss u somuch dear.. Doakan mommy sm daddy spy kuat dan bs scpt mgkn dpt adik lg y nak.. Smp ktemu dsurga syg.. Luv u somuch Tara…

  46. Assalammu’alaikum bunda2 yg super…
    Selasa, 15 maret 2011 lalu, tepatnya saat ashar, saya melahirkan seorang bayi laki2 yg mungil, begitu sempurna, namun sayang malaikat kecilku itu sudah tidak bernyawa. dokter prediksi melahirkan tgl 20 maret 2011, namun pagi tgl 15 itu sdh timbul kontraksi yg amat kuat. Akhirnya saya melahirkan dg normal sorenya. sama dg bunda2 yang ada dsini, rasa hati hancur ktika gambar usg menunjukkan bhwa jantung buah hati pertama kami sudah tdk berdetak lg. Airmata sya trz mngalir tnp isak tangis, sampe akhr’a suami saya memeluk saya, pecahlah tangis saya seketika. bbrp jam stlh itu saya melahirkan dg kontraksi yg amat hebat, setelah sakit lepas mengetahui meninggal’a putra kami, sya msh hrs mrasakn kontraksi prapersalinan yg begitu sakit. Stelah putra kami lahir, saya memelas tuk bs memangku’a, kmudian bayi saya diletakkan di lengan kanan saya, sya cium, sya sentuh dan elus kening’a, hidung’a, pipinya, bibir’a dg airmata yg terus berlinang, sungguh bayi laki2 yg sempurna dg berat 2,9 kg dan pnjg 49 cm, hidung’a mirip sx dengan ayahnya. Skrg saya msh dlm masa pemulihan, tak tertahankan rasanya rindu ini, bunda rindu kamu sayang “Fayyadh Nabil Al Faruqi”, doakan bunda n ayah ya sayang…tunggu bunda dan ayah. Ya Allah, sampaikan rinduku ini kepada malaikat kecilku tersayang. Amin

    • Kasus kita sama Bu, anak kami Karyn Annisa Frananda juga meninggal persis seperti cerita ibu pada tanggal 15 Juni 2012. Anak kedua kami yang sangat kami nantikan, ternyata Allah berkehendak lain. Semoga kita dijadikan orangtua yang beriman dan kelak akan ditemukan dengan buah hati kita di surga.. Aamiin

  47. ass…mbk!!membaca kisahnya mbk sy jd sedih membacanya,sy bisa ngerasain betapa sangat sedih hatinya mbk….semoga Allah sllu memberikan ketabahan dan kesabaran dalam diri mbk Nadia,,amin..!!!

  48. Pengalamanku sama dengan ibu2 diatas, pertengahan thn 2009 saya dinyatakan hamil oleh dr. Rasanya senaaaang banget. Setiap bulan saya rajin kontrol ke dsog. Namun pada kehamilan minggu ke 20, seperti biasa sya kontrol, namun dokter menyatakn bahwa bayi sya telah meninggal di dalam kandungan. Rasanya hancur bgt hati sya. Tapi yang namanya Tuhan sudah berkehendak tak ada satu manusiapun yg mampu menolak. Akhirnya dengan hati hancur sya melahirkan bayi sya dgn cara induksi.
    Setelah kejadian itu, 2 bln kemudian sya dipercaya lg untuk hamil. Hati rasanya senang bercampr cemas, takut apabila kejadian yg sblmmx terulang kembali. Tiap bulan sya rajin mengunjungi dsog, dan selalu meminum segala obat dan vitamin yg diberikan oleh dsog tanpa mengeluh. Namun ternyata
    Tuhan masih belum mentakdirkan sya untuk menjadi seorang ibu. Bayi saya dinyatakan meninggal pada usia kandungan 16mgu. Rasanya benar2 sedih dan hancur hati saya mendengar itu. Untuk kedua kalinya saya menjadi ibu dari bocah2 surga.
    Setelah kejadian itu, saya kemudian dirujuk dsog sya untuk tes laboratorium, dan hasilnya sya positip aps/aca.
    Sekarang saya sedang merencanakan kehamilan lg, namun hati rasanya masih sangat trauma, terlebih lagi mendengar bahwa biaya kehamilan dgn aps itu sangat tidak murah… Smoga
    Tuhsn memberikan kesabaran dan kekuatan bagi kita, ibu dari bocah2 surga….

  49. Ternyata aku tidak sendiri, senang rasanya menemukan blog ini. Aku juga baru saja mengalami hal yang sama dengan ibu-ibu alami. Tepatnya tgl 15 Maret 2011, ketika jadwal kontrol ke dsog, bagai disambar petir rasanya waktu di usg dsog ku bilang bayiku sudah tidak berdetak jantungnya dan harus segera dilahirkan, tidak percaya rasanya, padahal terakhir kontrol semuanya baik-baik saja, posisi kepala bayi sdh di bawah, detak jantung bagus, air ketuban cukup, krn msh tdk percaya aku sampai ke bidan deket rmh untuk memastikan apakah yg dikatakan dsog ku benar, yah siapa tau mesin usg nya error tp jawban bidan sama dgn dsog ku, krn aku tetap tdk percaya bidan memberi rujukan ke dsog yg biasa kerjasama sm dia, lagi-lagi jawabannya sm dan harus segera dilahirkan. Tgl 16 Maret 2011 aku melahirkan secara caesar dgn pertolongan dsog rujukan bidan, karena posisi bayiku melintang dan tali pusar yg menutupi jalan lahir, aku hanya bisa pasrah, waktu dilahirkan menurut dsog kepada suamiku bayiku terlilit tali pusar sampai 3 lilitan, aku heran padahal selama kontrol dan di usg dsog ku tdk pernah bicara tentang lilitan tali pusar, apa tdk terlihat adanya lilitan tali pusar waktu di usg, heran aku jadinya. Aku tidak pernah melihat wajah bayiku, bayiku umur 38 mgg, anak pertama, laki-laki, menurut suamiku berkulit putih, cakep, hidungnya mancung, gemuk, lengkap dan sempurna tapi sayang tdk bernyawa, kami beri nama KEVIN HALIM. Sampai hari ini aku msh sering menitikkan air mata jika ingat bayiku, melihat perlengkapan bayi yang msh baru dan tidak pernah sempat dipakai, mungkin blm rejeki, mungkin tuhan punya rencana indah di balik musibah ini, ini adalah kata-kata yg aku tanamkan pada diriku sendiri agar aku tidak terlalu larut dalam kesedihan. Mohon doanya yah dan semoga yang mengalami nasib seperti aku diberi ketabahan dan keikhlasan menerima cobaan ini, saling menguatkan yah bu.. Semoga aku dan ibu-ibu senasib dapat melewati ini semua dengan ikhlas dan aku berharap cepat bisa hamil lagi dan melahirkan bayi yang sehat jasmani rohani, panjang umur, lengkap dan sempurna.. Amien.. Selamat jalan My Beloved Baby… KEVIN HALIM… Mama Papa Always Love You…

  50. Salam hangat untuk para bunda yang di cintai Allah SWT, pengalaman bunda juga sama dengan yang saya alami setelah keguguran pada bulan januari 2010 tanpa disadari saya hamil pada bulan Mei 2010, kehamilan saya begitu saya banggakan karena bersamaan dengan kehamilan itu saya pun lulus beasiswa untuk mengikuti kuliah di strata 3 dan mendapatkan insya Allah mendapatkan promosi jabatan tetapi belum sempat menerima anugrah tersebut tepat tanggal 7 februari saya melahirkan bayi perempuan cantik dengan berat 3,3 kg dan saya beri nama Revina fatimah Febrinia dengan tidak menangis lagi rupanya perjanjian dengan Allah SWT hanya sampai didalam kandungan aja revina bersama saya, sangan sedih sekali apalagi kami mendabakan sekali kehadiran anak setelah anak saya yang pertama sdh SMA beda usia pun sudah jauh hampir 16 tahun , byk para keluarga yang menyayangkan kejadian tersebut tapi saya ikhlas semua sudah ditakdirkan dan sudah terdapat pada sebuah kitab yang bernama Lauhul Mahfudz yaitu semua kejadian sudah tertulis dikitab tersebut jauh sebelum 50 ribu tahun manusia dilahirkan ke dunia, harta, anak, keluarga adalah semua titipan dari AllahSWT , yang mana apabila yang berkehendak mengambil kita harus ridho dan iklhlas mengembalikannya kepada pemilik NYA, dan apabila Allah SWT mencintai hambanya past i melalui ujian dan cobaan serta keimanan kita juga diuji, semoga Allah Memberikan kita rahmat dan hidayah dan mengantikan musibah yang kita alami dengan yang lebih baik lagi dan para bunda sudah mendapatkan pahala mengandung dan pahala melahirkan anak yang kita kandung, mudah mudahan Allah SWT memberikan Rezkii anak lagi kepada kita yang bunda yang sehat, sempurna dan panjang umur amin ya Rabbal Alamin.

  51. Yang sabar ya… jangan bersedih lagi, karna semua ini cobaan buat kita semua.
    meninggal dan tidak kita tahu. :)
    ibu diana, yang yang sabar semoga tdk terulang yang ke dua kalinya amin.
    kita semua selalu ada disampingmu

  52. membaca blog ini membuatku menitikkan air mata.karna baru 1 bulan yg lalu saya kehilangan malaikat kecilku “fahmi airavata liandsqy”.meski mama tidak pernah melihat wajahmu nak,tpmama tau kita begitu dekat..abi﹑kakak kesya sayang sama fahmi….semoga fahmi bahagia di sana..amin,,buat ibu2 yg pernah mengalami kehilangan buah hati semoga diberi ketabahan,allah punya rencana yang lebih baik.

  53. Salam buat bunda2 sekalian…
    Tepat seminggu yang lalu, 5 Juni 2011 saya melahirkan bayi cantik, AIRA PUTRIAFNI berat 6 ons panjang 32cm..putriku meninggal didalam kandungan usia 7 bulan..syok mendengar keterangan dokter waktu itu, langsung saat itu juga aku masuk kamar bersalin, Alhamdulillah 10 jam kontraksi, minggu pagi aku melahirkan putri kecilku secara normal. kata dokter, tali pusar bayi terplintir sehingga asupan makanan dan oksigen tidak dapat masuk. Kesedihan saya dan suami begitu luar biasa tapi kami ikhas, ada hikmah yang luar biasa dibalik ini. ALLAHU AKHBAR…Damailah di surga ya nak..bidadari kecilku AIRA..ibu dan bapak selalu mendoakanmu..

  54. salam hangat buat para ibu yang mengalami kejadian yang mengenaskan, ternyata bukan saya saja yg menglami kejadian meninggal dalam kandungan.kandungan saya meninngal pada usia 9 bulan tetapi vdokter bilang baru 8 bulan, tetapi saya sudah mulai kontraksi. setelah saya kontrol terakhir saya di kasih obat supaya tidak kontraksi tetapi kontraksi msh tetap……. selang waktu seminggu saya mengalami pembukaan….. ternyata setelah sampai di rumah sakit saya tidak langsung diperiksa dokternya…. saya menunggu ….. ternyata dokternya pergi praktek di RS lain…… masya allah….. setelah diperiksa para suster ternyata bayi saya telah meninggal…. lemes rasanya….alhamdulillah bayi saya lahir secara normal tetapi ternyata sudah meninggal sekitar 6harian….. dan kulit bayi saya sudah mengelupas dan hangus…. saya minta penjelasan dari dokter…. tp tdk ada penjelasan sama sekali….kecewa rasanya hati ini….alhamdulillah selang 7 bulan akhirnya saya hamil lagi…. walaupun saya melahirkan bayi yang cacat…. tp saya sangat sayang dan anak saya merupakan anugrah buat saya…..mudah – mudahan anak saya yang ini merupakan kebanggakan buat keluarga saya…. amin…

  55. Aku juga bisa merasakan kesedihan yg luar biasa kehilangan buah hati tercinta…kehamilanku yg ke 3 ini bermasalah,plasenta previa total.tapi aku menjalaninya dgn ikhlas,berdoa smoga baik2 sj. Usia kehamilan 34 minggu terjadi perdarahan.harus caesar segera. Ketika bayiku lahir msh sempat kudengar tangisnya,tak henti ku bersyukur.tp bayiku langsung dirujuk ke rs.yg lebih lengkap,kupikir tak apa aku tak sempat memeluknya yg penting dia selamat.Tuhan berkehendak lain,putraku meninggal 2 hari kemudian. Terasa sakit seluruh jiwa ragaku, aku menciumnya…memohon maaf padanya…aku merasa gagal menjaganya.

  56. Ternyata aku tidak sendiri, mengalami hal-hal seperti ini, aku juga baru saja mengalami apa yang ibu-ibu alami, tanggal 5 juli kemarin aku memeriksakan kandungan yang baru menginjak 3, 5 hari, tapi betapa kagetnya setelah di USG janin sudah ninyatakan sudah 2 hari meninggal dalam kandungan, aku hampir takpercaya, soalnya aku tidak mengalami gejala apapun, aku dan suami saat itu lemes banget, itu anak pertama kami yang udah lama kami tunggu-tunggu, tapi ternyata suami lebih kuat dari aku, dia mencoba menenangkan aku untuk tabah dan iklas, hari itu juga harus di keluarkan. Dengan proses kelahiran normal dengan induksi dan kuretase,aku sadar semua titipan dari AllahSWT , yang mana apabila yang berkehendak mengambil kita harus ridho dan iklhlas mengembalikannya kepada pemilik NYA, dan apabila Allah SWT mencintai hambanya pasti melalui ujian dan cobaan serta keimanan kita juga diuji, semoga Allah Memberikan kita rahmat dan hidayah dan mengantikan musibah yang kita alami dengan yang lebih baik lagi dan para bunda sudah mendapatkan pahala mengandung dan pahala melahirkan anak yang kita kandung, mudah mudahan Allah SWT segera memberikan Rezki anak yang sehat lagi kepada kita, yang bunda yang sehat, sempurna dan panjang umur amin ya Rabbal Alamin.

    • Ternyata aku tidak sendiri, mengalami hal-hal seperti ini, aku juga baru saja mengalami apa yang ibu-ibu alami, tanggal 5 juli kemarin aku memeriksakan kandungan yang baru menginjak 3 bulan, 5 hari, tapi betapa kagetnya setelah di USG janin sudah ninyatakan sudah 2 hari meninggal dalam kandungan, aku hampir takpercaya, soalnya aku tidak mengalami gejala apapun, aku dan suami saat itu lemes banget, itu anak pertama kami yang udah lama kami tunggu-tunggu, tapi ternyata suami lebih kuat dari aku, dia mencoba menenangkan aku untuk tabah dan iklas, hari itu juga harus di keluarkan. Dengan proses kelahiran normal dengan induksi dan kuretase,aku sadar semua titipan dari AllahSWT , yang mana apabila yang berkehendak mengambil kita harus ridho dan iklhlas mengembalikannya kepada pemilik NYA, dan apabila Allah SWT mencintai hambanya pasti melalui ujian dan cobaan serta keimanan kita juga diuji, semoga Allah Memberikan kita rahmat dan hidayah dan mengantikan musibah yang kita alami dengan yang lebih baik lagi dan para bunda sudah mendapatkan pahala mengandung dan pahala melahirkan anak yang kita kandung, mudah mudahan Allah SWT segera memberikan Rezki anak yang sehat lagi kepada kita, yang bunda yang sehat, sempurna dan panjang umur amin ya Rabbal Alamin.

  57. Salam hangat bunda-bunda sekalian. Saat ini saya juga lagi merasa sediiih bgt krn saya baru saja kehilangan bayi saya. Meskipun ini anak ketiga, tapi tetap aja rasa kehilangan itu teramat sangat. Setelah sebelumnya saya keguguran di usia kehamilan 2,5 bulan, tanggal 2 Desember 2010 saya positif hamil. Betapa bahagianya saya, apalagi anak saya yang kedua menginginkan seorang adik. Saya sangat menjaga kehamilan ini,karena sebelumnya kan keguguran. tiap bulan saya rajin kontrol ke DSOG ,minum vitamin tiap hari,minum susu ibu hamil supaya janinku sehat. Senang rasanya setiap USG melihat janinku sehat. Rasanya tak sabar ingin melihat dia lahir ke dunia. Di usia kehamilan 8 bulan, saya sudah persiapkan segala keperluan bayi. Pas USG di usia kandungan 37 minggu, kepala bayiku di bawah tapi agak kekiri. Kt dokter nanti bisa mapan klo kontraksi. Tp sampai usia hamil 39 minggu belum ada kontraksi sama sekali. Lalu saya kontrol ke dokter, disuruh nunggu satu minggu lagi. Setelah satu minggu saya kontrol lagi, kepala bayi sudah ditengah tapi masih jauh, kata dokter diinduksi/dipacu juga percuma karena pasti gagal. Saya disuruh nunggu satu minggu lagi, klo mau melahirkan normal. Akhirnya setelah nunggu seminggu lagi, saya kontrol lagi tanggal 22 agustus 2011, HPL 9 Agustus 2011. Dikasih pilihan sama dokter mau melahirkan normal suruh nunggu seminggu lagi atau mau cesar, karena katanya ketubannya masih cukup dan masih jernih, plasentanya juga bagus. Saya memilih nunggu melahirkan normal. Tanggal 25 Agustus malam , ketuban saya merembes. Saya langsung ke rumah sakit, kt perawat dah bukaan satu. Waktu itu jam sebelas malam. Tp ternyata kepala bayiku geser kekiri lagi, jadi harus operasi cesar. Dan disuruh nunggu dokternya, karena kt perawat dokternya nggak bs dihubungi. saya lalu diberi obat supaya nggak kontraksi, tapi setelah diberi obat tetap saja kontraksi. Saya nunggu dokternya sampai bisa dihubungi lama banget, jam 10 pagi baru bisa dihubungi. Akhirnya saya dioperasi cesar dan jam 10.45 bayiku lahir, tanggal 26 Agustus 2011 hari Jumat. Bayiku perempuan, cantik, putih, gemuk, berat 4 kg, panjang 50 cm. Tapi pas lahir nangisnya nggak kenceng, agak sesak napas. Kt dokter aspirasi, tersedak air ketuban dan masuk ke paru2. Akhirnya disuruh dirujuk ke RS lain yg peralatannya lebih lengkap. Setelah disedot cairannya, bayiku bisa nangis kenceng. Tp malamnya badan bayiku membiru, langsung masuk ICU trus diinfus dan dioksigen. Tp Allah berkehendak lain, jam 9.25 malam bayiku meninggal. Sediiih bgt rasanya. Saya belum sempat menggendong, belum sepat menyusui. 9 bulan saya menunggu , tiap hari saya ajak ngobrol, tapi hanya 11 jam anakku bertahan hidup di dunia. Ya Allah, ini cobaan terberat yang kami alami. Saya berharap ini cuma mimpi buruk, tapi ini kenyataan, ini takdir Allah. Walaupun kami sudah berusaha untuk menyelamatkan nyawanya, Allah yang menentukan. Kedua anakku juga amt sedih, hanya sebentar saja bisa melihat adiknya. Putriku kami beri nama RAZITA TSURAYYA ZAHIRAH HANJAYA. Saya dan suami ikhlas, cuma masih ada penyesalan dan rasa bersalah dalam hati, kenapa nggak dari dulu langsung operasi cesar aja. Tapi mungkin ini sudah takdir Allah, kami harus sabar menerimanya. Putriku Razita yang cantik, mama kangen sekali sayang, ya Allah sampaikan rasa rinduku ini pada bidadari kecilku yang cantik. Doakan mama sama papa ya agar selalu di jalan Allah swt agar kita bertemu di surga kelak….amiin…amiiin amiiin ya robbal alamiin. Selamat jalan sayang, mama, papa, mas rafi, mbak Iya sangat menyayangimu. Damailah di surga ya nak…. bidadari kecilku RAZITA, papa dan mama selalu mendoakanmu.

  58. saya jga pernah mengalami hal seperti itu,,malah 2x,,,yg pertama cowok yg ke-2 cewek,,,tapi tidak meninggal didalam kandungan,,,dulu pas anak pertama,,saya mengalami mulas sampai akhirnya pendarahan,,,dan anak harus dilahirkaan,,,pda waktu itu usia kandungan 28minggi,,dan jenis kelamin laki,berat 1.3kg n pnjang 40cm,,lahir normal,,,bertahan 14jam dan dinyatakan meninggal,,,selang 2bulan saya hamil lage anak ke-2,,di usia kandungan yg sama sya melahirkan,,tapi anehnya saya tdk merasakan mules,,waktu pagi baru keluar lendir n bercak darah,langsung saya bawa ke rs,,kata dokter dah pembukaan lengkap,,n terpaksa harus melahirkan lge,,,kali ini anak perempuan,,lahir tgl 20 jan 2011,,berat 1.3 n pnjang 38cm,,,sama cuma bertahan 1hri,,,kta dokter karena organ dalam tubuh belum matang,,,kira2 apa penyebabnya y mbak???saya agak trauma jga,,,

  59. slam hangat untuk semua ibu. membaca artikel ini menyadarkan saya, bahwa bukan cuma saya yang kehilangan anak dalam kandungan. anak saya meninggal ketika usia kehamilan 9 bulan lewat dua hari.sedih rasanya..kami beri nama faris jihady akbar. bayi laki-laki yang montok dengan betar 3,8 kg, lahir normal dengan induksi. Allah cuma memberi kesempatan pada saya hanya 9 bulan dalam kandungan. sekarang saya berharap bisa segera hamil lagi. dokter bilang karena leaw bulan semoga kita bisa kuat ya bunda…

  60. subhanallah…
    Allah memang lebih berkehendak atas apa yang ia ciptakan, termasuk anak2 kita…
    Semoga para ibu2 di beri ketabahan, kesabaran, & keikhlasan… Amin ya Allah…

  61. salam hangat untuk bunda2 yang sama mengalami kejadian seperti saya, tgl 4 april 2011 saya check up usg setiap bulan, ketika di usg kepala bayi saya masih bergerak-gerak aktif senangnya melihat pertumbuhan bayi dalam kandungan, detak jantungnya pun terdengar normal, waktu itu usianya 6 bulan, tapi sayangnya kaki dan tangan kurang jelas terlihat karena berat yang masih kecil. ketika tgl 12 april jam 6 sore mulai terasa kram perut makin lama makin sakit sekitar jam 10 malam keluar darah dan makin banyak segera saya di bawa suami ke rs dan disana saya dinyatakan bayi sudah meninggal 2 hari dan harus segera di keluarkan, sedih sekali begitu mendengar berita itu apalagi saya dan suami tinggal beda kota dengan keluarga. jam 12 malam mulai masuk ruang persalinan dan jam 3 pagi bayi saya sudah keluar secara normal. Saya tanya apa penyebabnya tapi pihak rs tidak memberikan jawaban yang pasti, saya ingin tau sebenarnya apa penyebab bayi saya meninggal dalam kandungan padahal setiap bulan saya di usg kenapa tidak terdeteksi yang saya rasa sekitar 2 hari bayi kurang aktif dari biasanya ?dan yang kedua apakah saya termasuk melahirkan dalam waktu normal, masuk persalinan jam 12 malam pembukaan 4, dan jam 3 pagi sudah melahirkan. mohon jawabannya.dan sarannya agar kelak saya hamil bisa mengantisipasinya?terima kasih.

  62. Assalamualaikum… saya mengandung anak kembar. Anak kembar saya berkongsi uri. Saya baru diberitahu oleh doktor, salah seorang anak kembar saya telah pun meninggal dunia selama 2 minggu. Kini kandungan saya berusia 23 minggu. Doktor menyarankan agar saya terus menjaga bayi yang seorang lagi ini tanpa mengeluarkan bayi yang telah meninggal itu. Apakah risiko membiarkan janin yang satu lagi dibiarkan lama di dalam kandungan? Blh kah berikan saya tips apa yang perlu saya lakukan agar bayi saya yang seorang lagi ini selamat untuk dilahirkan. Ini merupakan anak pertama saya… saya benar2 berharap kandungan saya selamat….

  63. ternyata banyak juga yg mersakan derita saya…bayi mungilku punya banyak teman disurga
    saya baru melahirkan 31 agustus 2011 kemaren bertepatan dengan hari raya idul fitri tetapi dalam kondisi sudah tidak bernyawa..
    saat itu saya melahirkan usia kandungan yg sangat matang 9 bulan 1 minggu..anak saya laki2 beratnya 3,25 panjangnya 55 cm.sehat. saya melalui operasi sesar karena bayi sudah tidak bernyawa plus terlilit kencang 2 lilitan tali pusar di leher. ternyata bayi saya sudah meninggal dalam kandungan 2 hari. 1 bulan sebelum lahir saya kontrol dokter bilang bayi saya sehat dan kemungkinan bisa melahirkan secara normal,2 minggu kemudian saya kembali kontrol karena saya mersa gerakan janin saya berkurang hampir tidak ada malahan..dokter bilang itu hanya karena bayi sudah besar dan rahim semakin sempit jadi bayi saya jarang bergerak. ternyata saat tanggal 31 itu saya mengalami kontraksi layaknya ibu yg akan melahirkan…tapi karena rumah jauh dengan dokter yg biasa periksa akhirnya memilih lahir di rsb terdekat dan saat di periksa sudah pembukaan 2..tapi saat di periksa detak jantungnya sudah tidak ada, di usg pun bayi tidak bergerak ..shock sih tapi gimana lagi saya berusaha ingin lahir normal tapi tidak bisa.saat lahir dengan berat hati saya tidak bisa menggendong bahkan melihat anak saya secara langsung.yang tersisa sekarang cuma foto si kecil yg saya berinama YUSUFA AL FITRAH yg artinya bayi laki2 tampan kembali fitri atau suci.dia lahir di hari fitri kembalipun dalam keadaaan fitri.harusnya sekarang sudah berumur 2 bulan lebih 1 minggu..mudah2 an saya bisa kembali hamil dan bisa melahirkan bayi sehat dan hidup..amien

  64. Ap yg drasakan bunda2, saya rsakan jg skrg.. Ank qu meninggal dlm kndungan saat usia 8bln, tgl 28oktobr11 kmrn dkluarkn lwt caesar..
    Sedih bgt klo igt, dr awl khamilan sdh sya jaga,srg sya agk ngbrol, sya dgrin musik klasik,arab,rohani,ayt al’quran.. Bln puasa kmrn jg sya full puasa, srg salat mlm,sllu sya bcakan al’quran.. Krn sya brhrp kelak anak qu bs jd ank soleha,.
    Bju2,peraltn sdh dsiapkn,kdg sya suka mmbyangkn dt4 tdr akn ad ank qu..
    Tp manusia mmg cm br brncana tp Allah jg yg mnentukn..
    Perjuangn sX wkt sya melahirkn, bnr2 mrsakn bgtu bsr nya pngorbanan seorg ibu.
    HABIBIE ACHMAD AL’RASYID nma ank qu. . .
    Wlwpun dgn ujian ini, sya msh ttp brsyukr krn Allah sgt syg dgn ank qu..

    • Ass….bunda2 yg tegar dan kuat tetap semangat ya.insyaallah anak2 qt kelak bs jd penuntun qt menuju surgaNYA.sy jg mengalaminya setaun lalu,,saat usia janin 21w,,hancur,sedih,ga trima rasanya waktu itu.tp itulah jalan Allah,,slalu m’berikan yg terbaik buat umatNYA.dan sampai skrg blm ada tanda2 sy hamil kmbali.tp sy percaya,,hari itu akan tiba.d mana sy melahirkan bayi yg sehat jasmani dan rohani disuatu hari nti.mungkin saat ini Allah masih ‘menyimpannya’ untuk sy..sy hanya bs berusaha,,berdoa,,dan selanjutnya memasrahkan semua kepadaNYA..insyaallah suatu hari nti :)))

  65. Ingin berbagi share dgn yg lain Istriku jg mengalami hal yg sama pada hr sabtu tgl 11-02-2012 adalah minggu ke-39 ke rs dan di USG hasil baik jantung baik, pada hari kamis tgl 16-02-2012 pagi istriku mengalami mules2 dan ada plek dan pada saat itu jg ke rs sakit untuk diperiksa, sampai disana di periksa oleh suster, waktu diperiksa datak jantungnya katanya lemah, kemudian diperiksa oleh dokter katanya detak jantungnya sdh gak ada, akhirnya proses persalinan berlangsung secara normal dan lahirlah dia bayi cantik dgn bb 3.2 kg, panjang 52 cm, bayiku meninggal dalam kandungan menurut dokter sebelum sampai rmh sakit, keadaan bayi mulus tdk ada lilitan dll, penyebab kematian dokter blm mengetahui, hancur luluh istriku krn bayi yg di tunggu2 selama 8 thn telah kemabli kpd ymh Kuasa, Allah berkehendak lain, cobaan yg sangat berat inim semoga Allah memberikan rahmat dan hidayah kpd keluarga kami dan istriku bisa hamil kemabli… dia telah diberi nama : Khansa Shakila Maulida..yg tabah ya istriku,,, saat ini dia sedang menangis melihat kelengkapan bayi yg ada.

  66. ngin berbagi share dgn yg lain Istriku jg mengalami hal yg sama pada hr sabtu tgl 11-02-2012 adalah minggu ke-39 ke rs dan di USG hasil baik jantung baik, pada hari kamis tgl 16-02-2012 pagi istriku mengalami mules2 dan ada plek dan pada saat itu jg ke rs sakit untuk diperiksa, sampai disana di periksa oleh suster, waktu diperiksa datak jantungnya katanya lemah, kemudian diperiksa oleh dokter katanya detak jantungnya sdh gak ada, akhirnya proses persalinan berlangsung secara normal dan lahirlah dia bayi cantik dgn bb 3.2 kg, panjang 52 cm, bayiku meninggal dalam kandungan menurut dokter sebelum sampai rmh sakit, keadaan bayi mulus tdk ada lilitan dll, penyebab kematian dokter blm mengetahui, hancur luluh istriku krn bayi yg di tunggu2 selama 8 thn telah kemabli kpd ymh Kuasa, Allah berkehendak lain, cobaan yg sangat berat inim semoga Allah memberikan rahmat dan hidayah kpd keluarga kami dan istriku bisa hamil kemabli… dia telah diberi nama : Khansa Shakila Maulida..yg tabah ya istriku,,, saat ini dia sedang menangis melihat kelengkapan bayi yg ada.

    • ass.. Sabar tabah n ikhlas, seminggu lalu kami mengalami hal serupa. Janin kami meninggal dlm kandungan usia 9bln 3hr. Ini adalah anak pertama yg kami tggu2. Masalahx karna tali pusar melilit. Janin dikeluarkan operasi. Alhmdlah istri saya tabah n ikhlas berkat seorang kyai yg suport. nama yg indah kupersiapkan pupus sudah. Mertua saya menamai MUHAMMAD RIDHO agar orang tuanya ridho merelakan anakx telah tiada. Bahwa kami harus bersyukur karna anak kami sudah masuk surga ALLOH..

  67. Sya mau tnya, saya rahma, sya alhmdulillah saat ini sdang mngandung ank prtma, usia kndungan saya jlan 17minggu, mndngar dri share2 para2 ibu, tmbul kekhawatran dlam diri, bgaimna kalu hal2 dmikian trjdi pda saya??, sdih+tkut rzanya, yang mau sya tnyakan, kmren sya trakhir USG di usia 16minggu,janin sehat, tp sya mngalami ari2 brada d bwah kndungan saya(atau bergeser) dr mnyrankan u tdak berhbngan dngan memsukan sperma(atau pkai alat kontrasepsi dulu) , “apa yang menyebabkan sperma tidak boleh msuk ke rahim?? Apkh sperma suami saya tak sempurna, atau mnglami kelainan. Trimakasih

    • salam kenal tuk mba rahma

      sy juga mengalami ari2 atau plasenta di bawah, atau yg dikenal dengan plasenta previa. untuk plasenta previa memang tidak boleh ada tekanan sedikitpun untuk rahim karena rentan untuk flek bahkan pendarahan seperti yg saya alami, jd bukan masalah pada spermanya tapi pada tekanan yg mungkin terjd pd rahim setidaknya itu yg dulu dokter sy jelaskan,apalagi jika mba sampai mengalami klimaks(mf agak krg sopan) maka akan ada tekana pd 2 sisi dari dalam dan luar lebih riskan….jd sebaiknya jgn berhubungan dulu, dan cb diurut supaya posisi plasentanya berubah, setidaknya itu yg banyak disarankan.yg perlu sy ingatkan, bukan bermaksud menakut2i, hanya berbagi pengalaman, jika pernah terjadi flek segera bedrest total, ada baiknya mulai skrg tinggalkan pekerjaan rumah, lebih banyak istirahat krn dr yg sy alami sangat rentan…..rentan untuk pendarahan….

    • asslkm. Saran saya terus monitoring periksa ke dokter . Jangan paksakan melahirkan normal. Kalo udah bermasalah mending cesar. Agar bayi n ibu bisa selamat.. Agar kejadian fatal kami tidak terulang pada keluarga lain..

  68. aslm… benar benar hampir sama dengan apa yang saya rasakan sekarang, 5 hari yang lalu saya terpaksa melahirkan buah hati kami yang sudah tidak bernyawa saat usia kandungan hampir memasuki 6 bulan.. sedih sekali rasanya, tp berusaha untuk ikhlas menerima smua ini, saya terserang virus rubella pada awal kehamilan, dan penyebab kematian janin disebab kan virus itu, sebaik nya seblum merencanakan kehamilan bunda harus mengecek darah apakh terinfeksi virus atau tidak (TORCH).. semoga ALLAH segera memberikan penggantinya untuk kami..amin

  69. alhamdulillah aq bisa menemukan blog ini….Allah memang bekerja dengan cara yang tak terduga…disaat saya terpuruk dengan kesedihan yg sy alami sy menemukan blog ini dan tahu bahwa sy tidak sendiri. Saya juga baru saja kehilangan anak pertama sy setelah 3 tahun menunggu, saya dikaruniai seorang putra yg kami beri nama REIVIAN AKIRA NABHAN, dia lahir premature saat usia kandungan saya 27 minggu, dengan proses caesar tgl 30 Maret 2012 jam 16.50 dengan berat 1,2 kg dan panjang 37cm, tapi sayang setelah dia berjuang dan harus dipindah ke mitra cibubur dia hanya dpt bertahan sampai jam 03.10 dini hari. saya mengidap plasenta previa total yang mengakibatkan saya pendarahan hebat sehingga dede harus dikeluarkan untuk menyelamatkan nyawa saya, sungguh cobaan yang luar biasa mengingat kami sangat mendambakan kehadirannya dan ia sangat sempurna sesuai dengan doa dan keinginan kami, sampai saat ini saya masih lom percaya bahwa ia telah tiada, karena saat masuk ruang operasi sy masih merasakan aktifnya ia bergerak, sy hanya bisa melihatnya 2x saat ia dikeluarkan dan saat ia akan dibawa ke rumah nenek untuk dimakamkan, untuk pertama dan terakhir ku gendong ia dan kucium ia 3x, parasnya yang tampan, mirip sekali daddynya……untuk melepas rindu ku hanya bisa memandangi fotonya saat di inkubator. Melihat perjuangannya saat di inkubator memang lebih baik ia pergi, tetapi mengingat penantianku selama 3 tahun rasanya tak adil, ku sempat marah kenapa memberikan kami kebahagian jika hanya meninggalkan kesedihan yang tak terkira, tapi setelah seminggu bergumul dengan kesedihan dan kemarahan ku sadar ini mungkin yang terbaik….Allah tidak mungkin memberikan cobaan diluar kemampuan umatnya dan aku selalu yakin semua akan indah pada waktunya….semoga Allah memberikan ganti yang lebih sempurna untuk kita semua….insyaallah……

  70. Asw….pengalaman ibu-ibu juga sama yang seperti saya alami. Putri saya yg bernama Shafira Nazifa Ardani 19 oktober 2010 dengan BB 3,1 Kg dan Panjang 50cm meninggal dalam kandungan saat usia kandungan saya menginjak 9 bln lebih 7 hari. Sebagian dokter menyarankan untuk segera dioparsi krn bayi saya terlilit tali pusar sebyk 2 lilitan dan sdh lwt harinya. Karena saya tkt dioperasi, saya mengharapkan lahir normal maka saya mencoba ke dokter lain. Diagnosa dokter ini mengatakan bahwa usia kndgan saya baru 36 minggu dan saya dihrskan menunggu sampai wkt’y tiba, lilitan tali pusar bkn menjadi masalah. 2 hari kemudian, saya merskan sakit diperut saya dan keesokannya saya mencoba kembali ke dokter tersebut hasilnya dokter mengatakan ank saya telah meninggal. Saya menangis sejadinya bersama suami saya, hingga saya melahirkan bayi saya secara normal dan tidak dikuret. Saya diharuskan melakukan cek laboratorium, hsl’y saya dan suami terdiagnosa virus CMV dan Rubella. Hingga saat ini saya dan suami belum melakukan pengobatan karena yang saya tau pengobatan virus tersebut mahal. Kami harus mengumpulkan uang untuk melakukan pengobatan. Tetapi saya masih bingung, apa benar bayi saya meninggal krn virus atau krn lilitan tali pusar sehingga fungsi ari2 melemah dan membuat bayi saya ikut lemah juga. Saya berharap Allah terus membukakan pintu rezeki bagi saya dan suami agar secepatnya memberikan kami momongan lagi, AMIN…..

    Buat ibu-ibu yang mungkin memiliki pengalaman seperti saya mohon di share (untuk admin Terima Kasih byk…) apakah terdiagnosa cmv dan rubella bisa hamil kembali…serta solusi pengobatannya hingga ibu-ibu bisa sembuh dan hamil kembali…..

  71. Dok sya mo tnya, 4 bln lalu sy hamil 2 bln, 3 hri sblum pas 2 bln ada kluar flek slama 3 hri kemudian aq periksa k’dokter kandungan ku katax janjiku tidak berdetak jantungx doktr jg g bs memberikan alasan yg pasti knp tiba2 seperti itu pdalah pda wktu menginjak usia kndungan 1 bln aq periksa janinku baik2 sja, smpai skrg aq msih penasaran sbenarx faktor apa yg menyebabkan janinku tidak berdetak jantungx, smpai akhirx hrus d’keluarkan dok?, mohon penjelasanx.

  72. Aku juga baru mengalami kejadian bayi ku meninggal dikandungan saat usian kandungan 34minggu.. Satu minggu sebelum kejadian saya sudah usg ke dokter, dan dokter bilang bayinya baik sehat, ternyata seminggu kemudian sy merasakan mules luar biasa, sy kerumah sakit dan ternyata bebi nya sdh mninggal 3hr yg lalu.. Bagai tersambar petir rasanya, anak yg kami tunggu2 2,5th lamanya harus prg seblm dilahirkan.. Rasanya hdp tdk ada gunanya.. Sekarang sy coba melupakan putra saya Tara Yoshi Simbolon.. Hrsnya skrg dia sdh umur seminggu kl lahir, krn prediksi kelahiran caesar sy 2juni 2012.. Tp sudah lah.. Mengingat itu rasa bersalah terus membayangi pikiran ini, yg katanya bs berpengaruh k rahim.. Skrg sy hanya bisa berdoa kita semua yg mengalami nasib yg sama bs diberikan ketabahan., dan Tuhan tdk akan memberikan cobaan diluar kemampuan hambanya.. Indah pd waktunya ya bunda2 sekalian.. Terimakasih ada blog ini.. Sy merasa ada teman sepenanggungan… Sy pikir hanya sy yg mengalami kemalangan ini.. Tetap semangat yah… Tuhan memberkati kkita semua.. Amiiin..

  73. asslkm dr. Janin dalam kandungan istri saya meninggal di usia 9bln 3hr. Penyebabx karna plasenta n usus melintir/melilit. Seminggu sebelumx terjadi nge~flek darah beku seperti hati ayam.. Mohon saranx agar di kehamilan selanjutnya kami lebih update monitoring kondisi janin agar tidak terulang hal serupa. Tq

  74. Dear Ibu2 kami pun mengalami hal yang serupa pada tgl 21 Juni 2012 kemarin usia kandungan istri saya menginjak bulan ke 8, sore hari menjelang pemeriksaan saya dan istri dengan suka cita datang ke dokter kandungan kami di Bandung, dalam 1 menit kondisi tersebut berbanding terbali kami ( saya dan istri ) hanya termenung, gelisah ketika dokter memeriksa kondisi kandungan istri saya lebih lama dari biasanya. bagai petir disiang bolong ketika dokter mengatakan “sayang sekali Bu, putri ibu sudah tidak ada… kemungkinan dari 4 hari yang lalu” bingung, menangis, gak nyangka itu yang kami rasakan. Saya sempat bertanya dengan nada lantang kepada Dokter “kok bisa Dok ! bulan kemarin sehat2 aja !”

    Dokter hanya bilang sepertinya ada kecelakaan dalam kandungan pak. selang beberapa waktu tanpa kejelasan penyebab kematian yang baru bisa diketahui nanti ketika lahiran, kami pun pulang untuk berdiskusi dirumah karena kondisi istri saya yang drop sehingga dokter menyarankan untuk pulang dulu agar istri lebih siap dalam proses kelahirannya.

    Selang beberapa jam setelah berdiskusi dengan orang tua dirumah, kami pun sepakat untuk segera mengeluarkan putri kami dari kandungan. malam hari kami segera berangkat ke RSIA di bandung. proses induksi selama kurang lebih 5 jam dan akhirnya jenazah putri kami yang cantik berhasil dilahirkan. Dalam proses kelahiran tersebut saya lihat tali pusar yang menghubungkan sumber makanan, oksigen dan pembuluh darah ke putri kami melilit badan dan kaki putri kami.

    Baru dokter mengatakan bahwa penyebab putri kami meninggal adalah terhentinya suplai makanan dan oksigen melalu tali ari tersebut sepertinya terlipat atau terbelit,

    Berdasarkan pengalaman kami tersebut kami menyarankan untuk kami pribadi khususnya ibu2 yang sedang hamil agar mewaspadai gerakan bayi yang hiperaktif apalagi ketika umur kandungan lebih dari 5 bulan, periksa langsung apabila ada kondisi gerakan bayi yang hyperaktif dihari itu juga apalagi ketika bayi tidak bergerak. Umumnya bayi bergerak 10 x dalam 1 hari. Sang Ibu lah yang bisa merasakan kondisi tersebut, Jangan menunda2 ke Dokter, melalui proses USG dan pendeteksi jantung lah yang bisa melihat kondisi bayi yang sebenarnya, apabila jantung bayi melemah bisa langsung dilakukan operasi caesar untuk menyelamatkan nyawa bayi tersebut sehingga bayi bisa dirawat dan tumbuh dalam inkubator.

    Semoga tidak ada lagi kasus kecelakaan bayi meninggal karena terlilit tali pusar.

  75. Yaa .. Alloh, ternyata saya tidak sendirian. Teman-temanku terima kasih udah mau berbagi kisah diblog ini, tujuan utama saya memposting artikel ini untuk diri sendiri karena saya sudah mengalami 3 kali kehilangan bayi dalam kandungan.Tapi ternyata banyak yg mengalami kejadian serupa.

    Temans, saya pun baru mengalaminya lagi untuk yang ketiga kalinya baru saya alami tgl 27 Juni 2012, usia kandungan sudah 7 bulan. Terakhir periksa 1 minggu sebelumnya saya USG ke dokter rujukan, USG lengkap sampai ke otak kecil janin, volume aliran oksigen tali pusar, dan lainnya dinyatakan “bagus, sehat” dan pesan dokter pun tidak perlu khawatir janin yang ibu kandung semua sehat dan normal. 3 hari kemudian saya cek ulang ke dokter rutin cek kembali denyut jantung dan hasil pun sama semua juga dalam keadaan bagus, Namun 3 hari kemudian janin saya tidak bergerak, keesokan harinya dinyatakan “jantung janin berhenti berdetak” yang artinya “untuk ketiga kalinya anakku kembali kepadaNYA”

    Mungkin banyak orang berkata “sabar” saat mereka melihat kita menangis dan bersedih, tapi hanya kita yang mengalami dan dapat merasakan bahwa “sabar” yang sudah kita bangun, tidak semudah yang mereka ucapkan. Temans, tetaplah berikhtiar dan berdoa memohon kepadaNYA karena hanya Alloh SWT yang bisa mewujudkan semua doa-doa yang kita panjatkan.

    Temans, kita semua bisa kuat sampai sekarang ini itu karena orang-orang disekeliling yang menyayangi kita. Cobaan ini tidak akan diberikan olehNYA, apabila kita tidak mampu menghadapinya.

    Sekali lagi terima kasih, sudah berbagi kisah diblog ini,. semoga kita semua kuat menghadapi segala cobaanNYA, Amin Yaa Robbalallamin.

    Wassalam,
    Irna Desriena

    • Bu Irna, sungguh mengharukan kisah ibu.. rupanya kesedihan kami tidak ada apa2nya dibandingkan dengan yang ibu alami.. Kami baru saja kehilangan putri tercinta kami disaat2 hari kelahirannya, Karyn Annisa Frananda tgl. 15 Juni 2012. Semoga kita tetap tabah menghadapinya, dan termasuk orang2 yang beriman hingga kita akan dipertemukanNya dengan anak2 kita di surga kelak. Mohon doa juga mudahan kita masih diberikan amanah untuk masih mempunyai putri lagi..

      • Amin Yaa Robbalallamin, yaa semoga kita diberikan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini. Saya percaya semua itu akan indah pada waktunya, kita diberikan putra putri yang sholeh/sholehah, kita hanya bisa berdoa.

      • Salam kenal buat ibu2 yg mengalami nasip yg sama. Saya jga mengalaminya ketika kandungan saya 7 bln 2 minggu tgl 27 juny pas mlm2 saya usg janin saya jantungnya dah ga ada. Tp saya gak percaya, saya usap2 perut saya, saya bilang ayo,, de gerak,, bilang sama mereka kalo de2 masi hidup,, trs saya ke rm sakit yg lain hasilnya sama sampe 3 rm sakit. Akhirnya saya pasra bahwa anak saya dah gak ada dan harus dilahirkan. Sampe skr saya masi sedih, kenapa gak saya aja yg dipangil kenapa mesti anak saya, dia anak pertama saya yg saya nanti2 dah 1 setengah thn saya nanti ketika dikasih kenapa diambil lg ya allah, ya allah ak kangen bgt sama anak ak.. Jemput ibu nak ibu gak kuat,, berat bgt rasanya. ibu kangen de2, ibu pengen peluk de2, ibu pengen ciyum de2. Knpa allah ambil de2 knpa ibu ga,, ibu ga kuat

  76. saudara aq jg punya kisah seperti kisah itu,2X kehamilan’y dinyatakan baik2 saja.Tetapi sllu pas tiba saat’y anak itu dilahir’kan,Anak’y difonis sudah meninggal.Tetapi saat persalinan,bayi dalam kandungan ibu’y masih hidup.Knp kejadian seperti itu bisa t’jadi.Si ibu pekerjaan’y sebagai apoteker.Apakah kematian bayi tersebut dikarenakan obat2′an yg dihirup si ibu saat meramu resep??Atau’kah ada sebab yg lain,mohon saran’y..Anak adalah harapan terbesar dalam sebuah keluarga,Saat 2X mengalamin kejadian yg sama,mereka seolah kehilangan semangat hidup.Mohon saran’y…

  77. pada waktu itu saya hamil 3 bulan nginjak 4 bulan .
    pada waktu siang saya mengalamin tetesan darah dicelana dalam saya…lalu saya usg di rumah sakit A kata rumah sakit A janin saya tidak berkembang lalu saya amatlah sedih…keesok harinya saya periksa ke rumah sakit B dan di tes darah dan di usg kata rumah sakit B kandungan saya berkembang…tapi saya mengalamin seperti haid….kata dokter kalau malam masih mengalamin pendarahan hebat suruh di bawah kerumah sakit…lalu saya di beri penguat janin agar darahnya berhenti….tapi allah berkehendak laen pda jam 3 malam saya mengalamin muntah2 dan mules serasa mw BAB…pda waktu setelah Bab keluar darah seperti cinco sedikit…lalu saya langsung dibawah kerumah sakit B kata dokter kandungan saya sudah tidak dpt di selamatkan lagi….saya sedih bgt pada waktu itu tapi saya sudah ikhlas karena allah…saya mau tanya apakah ada kelainan di kandungan saya???tapi dokter bilang setelah di kuret tidak ada kelainan…
    kejadiannya 3 januari 2012 tapi sekarang saya belum hamil dokter…tapi aq slalu berdoa agar allah memberi keturunan buat aku dan suamiku

  78. Dari semua yg share tdk ada yg menjelaskan umur (usia ) ibunya istri saya jg mengalami yg sama kesimpulan saya vitamin jg mempengaruhi karean vitamin yg bagus membuat bayi gerakannya terlalu lincah dan semakin hari bayi semakin besar jadi gerakan dia semakin terbatas, bisa terlilit, terpilin dan akibatnya kekurangan oksigen yg masuk. ( anak kami meninggal saat usia kandungan 9 bulan 2 hari) 4 hari sebelumnya di USG baik2, saja

    Pak Mai

  79. Asalamualikum.. saya ibu dwi, saat ini saya sdang hamil menginjak usaia kandungan 4 bulan…satu bulan yang lalu bayi saya sudah di fonis meninggal..di karnakan tidak ada denyut jantung si bayi… padahal 2 minggu yang lalu bayi saya masi berdenyut pd saat USG. namun sampai saat ini saya masie mempertahankan…kandungan saya..di karnakan saya yakin bayi saya masi hidup… apakah kondisi ini baik buat saya…karna yg saya rasakan…saya masih mengalami ngidam dan ukuran perut sayapun smakin membesar…saya lanjutkan pemeriksaan ke bidan… TIDAK ADA VONIS APAPUN DR BIDAN…. saya jadi kurang yakin dengan dokter saat ini… mohon doa dari ibu” semua…smoga apa yang di katakan dokter tidaklah benar..trima kasih

  80. mungkin nasib kehamilan saya, yang ironis. pemeriksaan dokter pada usia kehamilan 5 bulan menunjukan adanya kelainan pada organ ginjal bayi, yang mana harus dirujuk ke rumah sakit di jogja. ternyata benar ada kelainan pada organ ginjal bayi saya. yang mengakibatkan tidak adanya air ketuban yang hanya menghasilkan sedikit. tapi yang ajaibnya detak jantung bayi masih normal dan sehat. saran dokter untuk segera mengakhiri kehamilan. sangat ironis, bahwasannya saya tau kapan bayi saya bisa bertahan, lebih baik sya tidak tau kapan bayi akan mati daripada saya tau kapan saat dia bisa bertahan sampai kapan. saya mencoba jalan pengobatan alternatif……….ALLAH SWT. mungkin menyisakan keajaiban untuk bayi saya.

  81. Setelah saya baca di blog ini ternyata saya tidak sendiri banyak ibu2 yg mengalami hal serupa seperti saya pada tanggal 29 juli 2012 anak saya meninggal dunia di dalam kandungan pada saat itu usia kandungan saya 35 minggu penyebab pasti anak saya meninggal sampai sekarang belum di ketahui,rasanya sangat sedih dan hancur karena ini ke 3 kali nya saya kehilangan anak saya,proses kelahiran putra kami secara normal dengan bb 2.3kg panjang 42cm diberi nama Muhammad Elfan Zidaan,tapi manusia punya rencana hanya allah yg menentukan saya berharap agar allah bisa memberikan kepercayaan untuk saya bisa hamil dan melahirkan anak ke 4 saya dengan selamat.

  82. semua dokter di indonesia gk ada yg bgs,,alias palsu!!!surat izin praktek mungkin pakai beli pny.jd priksa juga sembarangan.anjing semua buat dokter di indonesia.

  83. Dear Ibu -Ibu yang terkasih, seminggu yang lalu sayapun mengalami hal yang sama. Bayi saya meninggal dalam kandungan di usia 9 bulan 5 hari, pada rabu, 10 Oktober 2012. Dokter memperkirakan kelahiran bayi saya akan terjadi pada tanggal 12 Oktober 2012.

    Pada hari rabu tanggal 10 Oktober 2012, Dokter memang menyarankan kami untuk kontrol rutin sebelum melahirkan untuk kembali menentukan letak bayi yang sebelumnya posisi kepala masih belum pas dijalan lahir, sementara bayi keseluruhan dinyatakan dalam keadaan sehat dan aktif : jumlah air ketuban masih banyak untuk bayi bisa bergerak dan berputar, letak placenta baik, berat bayi juga diatas rata-rata yakni 2,6 kg pada pemeriksaan terakhir tanggal 4 Oktober 2012.

    Pagi harinya di tanggal 10 Oktober 2012, seperti biasanya kami jalan pagi, melakukan aktivitas ringan jalan dirumah seperti biasanya, dan saya masih merasakan gerakan bayi hingga sore hari menjelang saya mandi untuk bersiap-siap pergi ke Dokter guna melakukan pemeriksaan. Saya masih merasakan bayi bergerak pada pukul 15:30 WITA sore ( waktu Maumere – NTT). Pukul 16:30 WITA kami berangkat menuju tempat praktik dokter. Pukul 17 :20 WITA, saya, suami saya dan Mama masuk keruang praktik Dokter. Pemeriksaan awal dilakukan untuk melihat letak bayi, ternyata Dokter menyampaikan bahwa letak kepala masih di samping belum pas pada posisi lahir, letak placenta masih baik dan air ketubanpun masih dalam jumlah yang cukup. Tiba saat ketika Dokter hendak memeriksa detak jantung, detak jantung tidak lagi berdenyut, dan Dokter melakukan itu selama berulang-ulang dan tidak dinyatakan detak jantung hingga Dokter pada kesimpulan awal bahwa bayi sudah meninggal.

    Begitu banyak perasaan berkecamuk didalam hati saya, saat saya, suami dan Mama masih berada didalam ruang praktik Dokter, saya masih belum bisa berkeskpresi apapun, hanya diam dan berusaha memahami semua kejadian ini. Akhirnya Dokter memberikan rujukan untuk ke RS dan akan dilakukan operasi nantinya. Namun hal berbeda terjadi ketika saya keluar dari ruangan, kami memasuki kamar kecil, kami bertiga berdoa dan memasrahkan keadaan ini dan masih optimis bahwa bayi kami masih hidup, seketika itu pula saya tidak dapat menahan perasaan saya, saya menangis dan tidak tahu harus sekuat apa berdiri menghadapi semua ini.

    Sebelum operasi dilakukan, Dokter melakukan USG kembali, dan memang detak jantung bayi dinyatakan tidak berdenyut lagi, meskipun sebelumnya saya masih merasakan kalau perut bagian kanan saya mengeras dalam beberapa saat untuk kemudian mulai melemas (seperti bayi sedang bergerak). Operasipun dilakukan selama kurang lebih 1,5 jam. Dokter mengatakan bahwa penyebab putri kami meninggal adalah terhentinya suplai makanan dan oksigen melalu tali ari tersebut sepertinya terlipat atau terbelit sebayak 3 kali lilitan.

    Berdasarkan pengalaman kami, tentunya saya berharap hal ini tidak terjadi pada Ibu-Ibu yang lain dan menjadi pembelajaran bagi kita semua. Berduka pastinya kami sangat berduka, namun kami yakin dan percaya bahwa Tuhan memanggil anak kami untuk setiap maksud yang baik bagi kehidupan kami dimasa mendatang. Tetap semangat dan optimis kami melangkah pada masa depan sebab maksud Tuhan selalu baik bagi setiap dukacita sekalipun.

    Salam,

    Metty Sulistioningsih Marsaoly

    • Saya juga pernah mengalami, tepatnya 3 maret 2012. Saat usia kehamilan saya memasuki 5 bulan, bidan tidak dapat mendeteksi dnyut jantung janin saya, dan akhirnya saya pergi ke bidan lain, namun di bidan tersebut denyut jantung bayi saya normal. Menginjak usia 7 bulan, saya merasakan denyut jantung bayi saya lemah, akhirnya saya pergi untuk check.. Alhamdulillah.. Denyutnya msih normal. Dan saat USG, dokter mengatakan anak saya normal,hanya posisi bayi yang belum mapan. Namun saat memasuki usia khmilan 8 bulan,saat saya check rutin, bidan mengatakan bayi saya telah meninggal. Saya pun pergi k rumah sakit untuk USG, dokter bilang demikian, karena bayi saya ada cairan dalam perutnya (asites). Hancur hati saya dan suami.. Kenapa bisa demikian, padahal saat USG pertama,dokter tidak mengatakan ada kelainan. Ya Alloh..apa yang harus aku lakukan??? Sedih sekali…

  84. misi bunda – bunda saya ingin bertanya: apa bunda2 – bunda tahu ciri2 janin yg sudah hancur didalam perut tapi belum bisa keluar? saya merasakan hal yg tidak enak didalam perut saya. trims..:)

  85. Saya jg mngalami hal yg sama.bayi saya meninggal saat kandungan memasuki usia 8 bulan.setiap periksa,bidannya bilang kandungan saya baik2 saja.tapi saat usia kandungan 8 bulan,saya mengalami kontraksi.setelah di periksa ternyata bayi saya sudah meninggal.tapi saya masih bersyukur bisa melahirkan normal tanpa operasi.dan alhamdulilah setelah 3 bulan melahirkan,sekarang saya hamil lagi.

  86. bayiku juga meninggal pada tanggal 6-12-12…kemaren menginjak usia kandungan 9 bulan.padahal dokter sudah memperkirakan akan lahir pada tanggal 12-12-12.Padahal setiap chek up dan USG dokter selalu bilang bayinya dalam kondisi sehat,tidak ada kelainan.Sayapun rajin minum susu hamil,vitamin,makanpun tidak ada pantangan.Semua ini berawal ketika saya merasa bayi saya tidak bergerak selama 3 hari,benar2 pasif,,,,yg biasanya saya ajak ngobrol,saya dengarkan musik selalu ada respon berupa tendangan kecil,,,tp ini kenapa tidak ada,saya bertanya kepada kaka dan ibu,,,ooo tidak apa kata mereka,sampai akhirnya saya merasa mulas teratur dari jam 00.30 sampai jam 8.00, mungkin ini waktunya dalam hati,kita akan segera bertemu sayang,,dalam hati aku mengajak ngobrol bayi dalam kandunganku,akhirnya suami mengantarkan saya ke bidan terdekat.karena baru mulas2 kecil saya sempat diperiksa tekanan darah dan bidan bilang bagus ya darahnya,,,dan tahap ke 2 dicek detak jantung bayi,,namun detak jantungnya tidak ada,,,,astagfirullah,,,,bidan berusaha terus mencari,,,namun tetap tidak ada,,,akhirnya bidan memanggil suami saya,,,bayinya sudah meninggal…kenapa didiamkan saja ketika tahu tidak bergerakkk…hancur hati saya mendengar itu,,,Allahuakbar apakah saya akan sanggup y Allah menghadapi semua ini…tapi bidan tetap menjalankan proses kelahiran ,,,,bayangkan saya harus melahirkan anakku yang sudah meninggal,adakah kekuatan y Allah terlalu sakit hati ini,,,9 bulan ibu mengandung kamu nak ,dalam senang dalam sedih,,,sekarang saat mama tunggu2 ingin bertemu kamu kenapa seperti ini, ;( ,setelah berjuang sekitar 1 jam disertai rasa aku tidak akan mampu,,,sakit yg teramat dalam…merasakan setiap bagian tubuh bayiku melewati vagina,astagfirullah y Allah bayiku putri cantik,putih ,normal tidak kekurangan apapun .sayang kenapa mama tidak mendengar suara kecilmu,,kenapa mama blom sempat melihat matamu yg indah sayang,,,,sedihhhh sekalii,,,,anakku sayang maafkan mama tidak menjagamu dengan sungguh2,tenang disana sayang,doakan mama kuat,,,sayang sudah mama siapkan nama untukmu NONA JAMILA BILQIS.kelak kita akan bertemu mama yakin,tenang d surga sayang.sampai sekarang saya ataupun bidan tidak tahu apa penyebab putriku meninggal,,,prediksi awal menurut bidan bayiku terkena virus,,,check up lanjutan nanti saya akan mengetahui penyebab pastinya,semoga Allah memberikan tempat yang indah untuk anakku sayang,,,dan kelak memberikan anak yg sehat dan selamat saya lahirkan ke dunia ini y Allah…yang menemaniku hingga tua y Allah.amin amin y robal alamin.

    • Hai Bunda2… Salam kenal ya…
      Jadi nangis baca kisah2x ternyata aku nggak sendiri, aku juga barusan kehilangan bayiku, bayi yg sangat aku tunggu2… Meninggal dlm kandungan usia 41 mgu trus aku ngelahirin normal tgl 28 Nov 2012. Sedih dan rasanya hancur banget Bund. Dari sebelum hamil bln Feb 2012 udah konsul DSOG trus pas ketahuan hamil Maret 2012 sampe 3x sehari d testpack krn nggak percaya, trus 3 hari berturut2 d testpack smpe testpackx msh aku simpan. Sejak itu stiap bln nggak prnh absen k DSOG, stiap bln d USG hasilx bagus. Sempat klo nggak slah d bln k 4 at 5 kata dokter plasenta previa, tapi pas udah usia kandungan 9 bln d USG plasenta udah bagus, dan keadaan smua bagus. Akux rajin mnum vitamin sama susu. Pengen bayiku nti lahir sehat. Hasil USG bayiku cowo, trus bayi aku aktif banget, smpe aku sering rekam perutku kalo bayiku lagi gerak2. Tgl 24 Nov aku udah ada flek trus udah mulai ngerasain kontraksi, mlmx k RS trus d rawat inap biar bisa terkontrol perkembanganx. D periksa dlm wktu itu blm ada pembukaan. Sampe tgl 26 Nov blm juga ada pembukaan tapi lendir campur darahx keluar terus dan ada kayak air2 gitu, tapi wktu d tnya k bidan katax bkn air ketuban. Stiap hari aku 2x d periksa dalam. Stiap kali d cek denyut jantung bayiku bagus kata bidanx, dan mmg bisa aku denger juga denyutx malah cepet banget. Soalx bayiku mmg aktif. Tgl 27 Nov subuh d periksa dlm udah pembukaan 2, siangx jam 12 di periksa DSOG udah pembukaan 3 dan hasil USG katax bagus. Dari bidan2x pas ditanya kenapa pembukaanx lama katax anak pertama biasax emang gitu. Tapi aku kontraksix nggak teratur dan rasax sakit minta ampun, smpe aku nggak bisa tidur tiap mlm. Pas tgl 27 Nov sore jam 4 d cek denyut jantung bayiku, bidan2x lgsg panik krn nggak ada denyutx, trus d USG dan mmg nggak ada. Trus katax denyutx lemah, mereka menghubungi DSOG dan di suruh aku dipasangin oksigen dan saat itu aku udah d ruang bersalin. Ngu dokter krn bidan2x nggak brani bertindak kalo DSOGx blm dtg, dan DSOGx nyampe d RS jam 00.30 udah subuh, pdhl bayiku di periksa nggak ada denyutx dari jam 4 sore. Jadi kami ngu 8 jam lebih dan aku hanya tidur d kamar bersalin d pasangin oksigen, tanpa ada penjelasan apa2 lagi dari petugas RS hanya d sruh mengu DSOGx nyampe d RS. D minta DSOG lain tapi nggak ada, minta d rujuk k RS lain, katax harus nunggu DSOGx dulu. Smpe keluarga udah pada datang k RS dan ngamuk2. Trus pas DSOGx nyampe d USG sama DSOG katax bayix mmg udah nggak ada, tapi plasenta sama ketubanx msh bagus. Unt tahu kenapa dgn bayix nti pas bayi udah d lahirin, dan saat itu kata Dokter aku akan d induksi buat ngelahirin bayiku. Saat itu juga aku nangis, lgsg buka oksigen keluar dari kamar bersalin sama suamiku balik k kamar perawatan, dan sama keluarga krn kecewa dgn lambatx pelayanan, aku d bawa k RS lain, subuh jam 3 aku pindah k RS lain yg jarakx stengah jam perjalanan dari RS yg pertama, nggak sempet urus administrasi kami lgsg pindah RS dari pihak RS malah nggak berani nahan lagi. Dan nyampe d RS yg lain, saat diperiksa dlm sama bidanx, mereka lgsg kasi tau kalo air ketuban aku udah pecah, malahan udah ijo. Jdi dari awal pas ada keluar kayak air2 itu ternyata mmg air ketuban, cuma dari bidan d RS yg lama katanya bkn. DSOG d RS yg baru dtg trus kami cerita kronologisx, dari DSOGx nyaranin nggak usah d USG lagi krn bayix udah meninggal, nti mlah nambah biaya, dan baikx dilahirin normal. Jadi jam 7 kurang 15 aku d induksi, sakitx luar biasa dan bayiku lahir jam 11.30, tanpa tangisan, yg ada aku sama suamiku yg menangis pas lihat bayiku terlilit tali pusar 2 lilitan d leher, sama 1 lilitan d lenganx… Benar2 miris liat bayiku udah biru, trus air ketuban juga udah ijo, smpe bdan bayiku udah ijo2, wajah ama lenganx udah biru. Bibir sama idungx berdarah. Udah kayak gitu tapi msh keliatan cakepx bayiku, kayak bule, beratx 3,546kg dan pnjgx 53cm… Sedih sekali liat bayiku terbaring kaku tapi wajahx kayak lagi bobo. Suka kangen pengen meluk bayiku. Aku namai bayiku Natanael Rafael Marco Mandagi. Skrg Nael udah tenang di sisi Tuhan, jadi aku berusaha ikhlasin. Dia nggak bakalan lagi ngerasain sakit. Dia udah bahagia d Surga. Skrg aku berharap bisa cepat d kasi adex Nael. Bkn sebagai pengganti Nael krn Nael selamax takkan tergantikan. Bund, doain ya biar aku bisa cepet hamil lagi. Nggak sabar pengen gendong bayi. Begitu juga sama Bunda2 yg lagi ngu berkat dari Tuhan, mdh2an segera di kasih lagi ya Bund. Tuhan pasti buat segala sesuatu indah pada waktunya. Amin

  87. waktu saya hamil pernah mengalami yg namanya ascites.protein +3,trs di sertai tekanan darah yg tinggi. tp akhirnya usia 7 bulan sy mengalami bayi saya meninggal dlm kandungan. saya mau tanya dok. seandainya klu sy mau hamil lagi apa sy akan mengalami semuanya itu lgi? trima kasih atas jwb nya

  88. yth,saya juga mw tanya ni kehamilan saya sudah hampir menginjak 6 bulan,tapi kenapa sudah 3 hari ini saya tidak merasakan gerakan janin saya bun,tapi 1 hari yg lalu saya sempat merasakan gerakannya mutar2 dan menendang begtu 3 hari ini gak bergerak saya takut bun,,apa yg harus saya lakukan padahal untuk masalah gizi susu,dan vitamin saya rutin minum,,apa bayi saya meninggal atw sedang tidur bun tlong beri penjelasan sebenarnya gerakan bayi 5 bulan itu di waktu kpan saja bun,,trim’s

  89. Apakah ketika kita terpleset truz ada sedikit keluar darah dan sedikit kram diperut bisa mengakibatkan bayi mati dalam kandungan?

  90. Yang sabar ya bunda2, sy baru januari 2013 mengalami hal yg sama,kita harus iklas ya bunda dam percaya anak kita sudah disurga.

  91. sya una,23 tahun.sy br khlgn ank sya 4 bln yg lalu.dy lhir d tgl 16feb2013.nm ank sy Kinara harahap.dy lahr dgn bo2t 4kg.tp tk d sgka wkt q hmil 9 bln lbh 10 hri byi q lhr,tp sdh tdk da nyawanya.btapa tkejt ny sy ktika sya lhrkn sperti it.prsalinan lancr&sya shat.kdg sy msh g prcya p yg sy alami..bidan yg menangani sya heran p pnybb ny byi sy sprt it .krna sy rajin periksa & USG Smw shat ..subhanaallah ya alah.

  92. Saya juga mengalami hal yg sama…
    rasa sampai skrg blm prcya anak yg sy kndung slma 9 bln hrus mninggal
    saya melahirkan sampai usia kndgn saya 9bln
    tp smggu sblm mlhrkn sy sempat sakit dan di rawat di rmhskt karna kaki saya mngalami pembengkakan,
    saya ga tahu bagaiman menghilangkan trauma dan rasa sakit ini
    sekarang terus terang saya takut untuk hamil lagi
    saya trauma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s