ACA (Sindrom Anticardiolipin), Sindrom Darah Kental

Standard

ACA (Anticardiolipin, Sindrom Darah Kental) memang tidak sepopuler beberapa penyakit lainnya. Pengetahuan masyarakat tentang ACA pun masih minim. Lantaran itu juga, kepedulian masyarakat untuk menghindari penyakit ini masih sangat rendah. Padahal risiko ACA sangat tinggi seperti stroke, keguguran pada wanita hamil dan bahkan kematian.

Dr. Andika Rachman SpPd: Jalani Pola Hidup Sehat

(Dokter spesial hemotologi ini sehari-hari praktik di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Ia banyak menangani beberapa kasus ACA pada wanita hamil).

ACA tidak hanya menyerang wanita dan wanita hamil, tapi juga pria. Pada pria ACA sering menyebabkan stroke. Hanya saja kasus ACA sering ditemui pada wanita yang tengah hamil. Seperti yang dialami beberapa model, seperti Sisca, istri dari model, presenter dan pemain sinteron Fadlan, saudara kembar Fadli, Irene, dan Marisa Lungo. Untuk menyelamatkan janin yang dikandungnya, Sisca dan Ireneharus menerima ratusan suntikan pada perutnya selama hamil. Sisca beruntung, Fadlan memiliki keberanian untuk menyuntik dirinya. Irene harus mengumpulkan keberanian untuk menyuntik sendiri perutnya yang tengah hamil. ACA bahkan sempat membuat Irene stroke ringan saat hamil dan menyebabkan salah satu telinga pendengarannya berkurang. Marisa Lungo lebih beruntung dibanding Sisca dan Irene. Untuk mengetahui apa itu ACA, Bintang mewawancara dr. Andika Rachman. SpPD, ahli hemotologi dari RSCM.

ACA atau sindrom anticardiolipin disebabkan darah lebih cepat membeku dibanding kondisi normal.Mengentalnya darah mengganggu metabolisme tubuh yang bisa menyebabkan stroke dan jantung. ACA juga bisa menyebabkan kematian karena peredaran darah tidak lancar atau tidak bersikulasi ke seluruh tubuh. Gejala ACA yaitu sering pusing, mual-mual dan kesemutan.

Sampai saat ini, belum diketahui penyebab pasti ACA. ACA bukan penyakit keturunan dan tidak menular. ACA bisa disebabkan pola hidup yang tidak sehat. Misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan instan, kolesterol, lemak, merokok, dan polusi udara. Dulu, penyakit ini dialami oleh orang lanjut usia, tapi kini sudah bergeser ke anak muda di bawah 30 tahun. Penyebabnya, pola hidup yang salah. Kolesterol tinggi dan diabetes, bisa jadi pemicuACA. ACA juga tidak hanya dialami wanita, tapi juga pria. Tapi kasus yang sering ditemukan selama ini lebih banyak ditemukan pada wanita yang tengah hamil.
Pada wanita hamil, ACA menyebabkan keguguran. Penyebabnya, mengentalnya darah dapat mengganggu sirkulasi nutrisi dan oksigen ke janin. Semakin darah mengental, asupan makanan ke janin juga terhenti sehingga menyebabkan janin meninggal atau keguguran. Risiko ibu hamil yang kena ACA bisa ganda. Selain berdampak pada bayi, juga pada si ibu. Untuk wanita hamil yang ACA-nya tinggi disarankan jangan hamil lagi sampai ACA-nya normal. Seandainya sudah terlancur, ada dua cara yaitu pemberian obat dan suntikan heparin/fraksiparin yang bisa mengencerkan darah. Yang berat memang lewat suntikan. Suntikan dilakukan di sekitar pusar, di bawah kulit. Karena sehari dua kali, suntikan lebih sering dilakukan sendiri atau bantuan suami. Perlu latihan untuk menyuntik. Suntikan ini tidak membahayakan janin, karena tidak menembus barier plasenta sehingga tidak ada kemungkinan terserap janin. Dampaknya, berat badan bayi berkurang. Tapi hal ini tidak menggangu perkembangan fisik bayi. Dampak pada ibu, gatal-gatal, biru atau lebam di sekitar bekas suntikan.Seandainya ACA-nya tinggi, bisa menyebabkan si ibu stroke, tuli dan daya penglihatannya berkurang, bahkan mengalami kebutaan. Untuk menghindari itu, ibu hamil harus banyak minum air putih, makanan alami dan istirahat.

Untuk menghindari ACA, cukup dengan olahraga teratur, dan menjalani gaya hidup sehat. Hindari rokok, makanan cepat saji, yang berlemak tinggi dan kolesterol tinggi serta banyak minum air putih.

http://i-comers.com /showthread.php?s=8bf15db5fedd26257c757e2524e6d98d&p=68267#post68267
About these ads

13 responses »

  1. dokter saya mau nanyak
    kakak saya sering banget pusing,udah periksa ke dokter katanya darahnya kental
    trus ama dokter disuruh ngurangi makan ayam dan dikasih obat2an.tapi kenapa sampai sekarang pusingnya makin menjadi ya dok,kadang sampai saya bekam tapi juga ng hilang2,sampai2 rambutnya ditarik2 untuk ngurangi sakit,kadang kalau terlalu sakit kakak saya sampai nangis,hampir setiap hari pusingnya muncul ,apakah itu juga termasuk ACA dok?mohon jawabannya dok sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak

    • saya penderita sindrom darah kental dengan kekentalan darah hampir 600, setiap hr saya harus minum obat, jika saya tidak minum obat, badan saya akan terasa pegel2 dan sakit. setiap bulan juga saya harus cek darah sampai darah saya normal. skr dokter memberi saya obat pengencer darah dengan ekstrak cacing tanah, ini obat baru. saya hrs minum obat itu selama 3 bulan, setelah itu baru d cek lg darahnya. kalo ada yang mau share dengan aq, dengan senang hati aq mau berbagi

    • Dear Ibu Indri,

      Perlu saya informasikan, bahwa saya bukan seorang dokter :)
      Saya membuat blog ini untuk share mengenai kejadian yang saya alami :)

      Sepertinya pusing yang diderita kk ibu, perlu penanganan dokter yang Specialist. Semoga lekas sembuh yah ..

      makasih udah mau sharing :)

      • :) sudah 1 tahun yang lalu. Dokter menyarankan saya untuk cek kromosom, dan memang harus diprogram terlebih dahulu sebelum saya hamil :) kita hanya bisa pasrah dan ikhtiar .. bismillah aja :)

  2. Coba dengan makanan mentah tanpa produk hewani dan yang organik. Sudah banyak yang sembuh dengan cara seperti ini. Atau bisa juga berkonsultasi ke
    dokter Anton Budiono,
    Kompleks Puri Mutiara Blok A-60
    Jl. Griya Utama Kemayoran
    021-65310797

    Dokter Anton sudah banyak berhasil membantu orang-orang yang menderita darah kental.

    Semoga cepat sembuh

  3. assalam…
    aduh saya baru tau aca tsb karena dokter suruh saya tes aca karena saya dah telat 2,5 bln tapi skrang tidak ada lagi hasil usg malahan tidak juga datang bulang…
    oh ya kalo obat alternatif nya apa ada nggak?
    makasih

  4. saya juga adalah penderita ACA dengan kadar yang tinggi IGm lebih dari 80. Mengetahui ACA setelah mengikuti terapi untuk punya anak setelah 3 tahun menikah. Dengan ACA yang cukup tinggi saya sebetulnya punya ketergantungan dengan obat, namun sampai saat ini belum ada obat pengencer darah yang cocok dengan saya. hampir semua obat pengencer darah yang saya minum selalu membuat saya keracunan dengan efek yang parah seperti ascardia, trombo aspilet, dan pladogrel. Saya pengen sekali sembuh tapi saya juga trauma dengan berbagai keracunan yang saya alami. Mohon saran atau sharing adakah hal alami yang dapat saya lakukan untuk dapat mengurangi ACA

  5. Pingback: OOT Efek penyakit aca | IT News - "The Power of Me"

  6. Saya penderita aca dan saat ini tiap hari konsumsi obat pengencer darah, awalnya ketauan aca saya selalu pusing migren suka kesemutan sampai ke kepala,keliyengan.buat yang sering migren hayo cepat test kekentalan darah karena awal dr kekentalan darah itu besar dr yg suka migren di masa mudanya.dokterr ahli darah bisa ke rs cikini dengan dr karmel atau ke rs medistra dengan dr aru.thanks.

  7. Untuk share aja neh, saya jg penderita kekentalan darah. Untuk obat kekentalan darah coba komsumsi cardioaspirin. selain harganya terjangkau juga aman untuk lambung, karna obat ini sudah saya komsumsi selama 2 tahun ini.

    Makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s